• Tentang Waspada Online
  • Kontak
  • Redaksi
  • PEDOMAN PEMBERITAAN MEDIA SIBER
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Privacy Policy
  • Kode Etik Internal Perusahaan Pers
  • Jenjang Karir Kewartawanan
Waspada Online | Pusat Berita dan Informasi Medan Sumut Aceh
  • Home
  • Fokus Redaksi
  • Medan
  • Sumut
  • Aceh
  • Jabar
  • Warta
    • Indonesia Hari Ini
    • Politik
    • Mancanegara
    • Ekonomi dan Bisnis
    • Teknologi
    • Features
  • Sports
    • Lokal
    • Nasional
    • Internasional
    • PSMS
  • Ragam
    • Gaya Hidup
    • Kesehatan
    • Khazanah
    • Remaja
    • Wisata
  • Hiburan
  • Terkini
  • WOL Video
  • LAINNYA
    • Komunitas
    • WOL News
    • Advertorial
    • Artikel Pembaca
      • Pengamat
      • Umum
No Result
View All Result
  • Home
  • Fokus Redaksi
  • Medan
  • Sumut
  • Aceh
  • Jabar
  • Warta
    • Indonesia Hari Ini
    • Politik
    • Mancanegara
    • Ekonomi dan Bisnis
    • Teknologi
    • Features
  • Sports
    • Lokal
    • Nasional
    • Internasional
    • PSMS
  • Ragam
    • Gaya Hidup
    • Kesehatan
    • Khazanah
    • Remaja
    • Wisata
  • Hiburan
  • Terkini
  • WOL Video
  • LAINNYA
    • Komunitas
    • WOL News
    • Advertorial
    • Artikel Pembaca
      • Pengamat
      • Umum
No Result
View All Result
Waspada Online | Pusat Berita dan Informasi Medan Sumut Aceh
No Result
View All Result
  • Tentang Waspada Online
  • Kontak
  • Redaksi
  • Iklan
  • PEDOMAN PEMBERITAAN MEDIA SIBER
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Privasi
Home Artikel Pembaca

Anak Berbakat dan Bertalenta Dalam Prespektif Konseling Anak

2 bulan ago
in Artikel Pembaca, Umum
A A
0
Anak Berbakat dan Bertalenta Dalam Prespektif Konseling Anak

Anak Berbakat dan Bertalenta Dalam Prespektif Konseling Anak (foto: ist)

17
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

Oleh:
Permata Sari

Waspada.co.id – Anak berbakat adalah anak yang ditunjukkan dengan kemampuan tingkat kecerdasaan atau kemampuan umum (g factor) di atas rata-rata. Konsep ini diperkuat dengan teori faktor, bahwa kemampuan individu dapat dikatagorikan menjadi dua, yaitu kemampuan khusus (s factor) dan kemampuan umum (g factor).

RelatedPosts

Rusdi-Marzuki

Penegakan Hukum Pencemaran Nama Baik dan Berita Bohong Dalam Kasus Media Sosial

ago 2 bulan
Penyakit, Kesembuhan dan Kita

Penyakit, Kesembuhan dan Kita

ago 2 bulan
BUKU-PENGEMBANGAN-DIRI

Manfaat Membaca Buku Pengembangan Diri untuk Kualitas Diri

ago 2 bulan

Secara statistik anak berbakat akademik (ABA) di manapun berada menunjukkan angka yang banyak. ABA akan berarti bagi dirinya dan orang lain jika mereka dapat berkembang optimal. Di samping ada yang sudah berhasil mengembangkan diri secara optimal, di antara mereka tidak sedikit yang memerlukan bantuan konseling. Ada sejumlah isu konseling bagi AB di antaranya, (1) pemikir yang divergent, (2) Eksitabilitas, (3) Sensitivitas, (4) Perseptiveness,

(5) Entelechy, (6) self-concept, (7) counseling with parents, And (8) underachievement.

Untuk membantu dalam menghadapi isu-isu penting Itu, sangat diperlukan konseling sosialpersonal, konseling akademik, dan Konseling karir. Ketiga layanan konseling ini sangat diperlukan secara simultan, Sesuai dengan kebutuhan.

Model dan strategi konseling yang dapat dikembangkan untuk ABA adalah pendekatan terapetik, strategi preventif, dan strategi pengembangan. Pilihan strategi sangat ditentukan oleh kebutuhan Layanan konseling bagi ABA, sehingga hasilnya optimal. Untuk dapat Mewujudkan layanan konseling yang efektif, maka konseling harus dilakukan Oleh konselor yang profesional.

1. Identifikasi Anak Berbakat (Gifted) & Bertalenta

Anak-anak berbakat dan bertalenta Merupakan seorang anak yang diidentifikasi oleh Orang yang memiliki keahlian sehingga mampu Mencapai kinerja puncak karena kemampuannya yang luar biasa. Seorang anak yang Berkemampuan kinerja tinggi termasuk mereka Yang menunjukkan prestasi dan kemampuan Potensial di salah satu bidang berikut: Kemampuan kecerdasan umum, bakat akademis Khusus, pemikiran kreatif atau produktif, Kemampuan kepemimpinan dan pertunjukan Visual dan seni.

Individu yang berbakat dan Bertalenta adalah mereka yang memberikan bukti Kemampuan kinerja tinggi di bidang-bidang Seperti intelektual, kreatif, artistik, kapasitas Kepemimpinan, atau bidang akademik tertentu Dan yang membutuhkan layanan dan kegiatan Yang tidak biasa disediakan oleh sekolah untuk Mengembangkan kemampuan stuch secara Penuh.

Identifikasi anak gifted merupakan hal yang perlu Dilakukan mengingat keberadaan anak gifted khususnya Di skeolah reguler seringkali tidak mendapatkan Perhatian khusus, sehingga anak-anak gifted tidak dapat Menegembangkan potensinya dengan optimal, dan berdampak pada munculnya perilaku maladaptif dan Anak akan menunjukkan kondisi underachiver, di mana Anak pada dasarnya memilki kemampuan kognitif yang Tinggi akantetapi hasil belajarnya rendah. Batasan anak berbakat secara umum adalah “mereka yang karena memiliki kemampuan-Kemampuan yang unggul mampu memberikan prestasi Yang tinggi”.

Istilah yang sering digunakan bagi anak-Anak yang memiliki kemampuan-kemampuan yang Unggul atau anak yang tingkat kecerdasannya di atas Rata-rata anak normal, diantaranya adalah; cerdas, Cemerlang, superior, supernormal, berbakat, genius, Gifted, gifted and talented, dan super. Daniel P. Hallahan dan James M. Kauffman (1982; 376).

Seorang anak berbakat atau sangat cerdas Memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, sekitar 125-140 pada tes kecerdasan. Tingkat bakat di Bawah tingkat jenius, di atas tingkat puncak. Anak gifted disebut dengan istilah anak cerdas Istimewa berbakat istimewa yang memiliki Intelligence Quotient (IQ) ataupun tingkatan Kecerdasan yang lebih dari wajar ialah Intelligence Quotient (IQ)nya berkisar 120140.Selain itu, ia juga memiliki bakat khusus atau luar Biasa, terutama musik, drama, keterampilan dan Keahlian dalam memimpin masyarakat (Khumaidi, Wibowo, & Asriyah, 2019).

2. Perencana Pendidikan Anak Berbakat dan Bertalenta

Pendidikan terhadap anak Berbakat ini ada beberapa model yang dapat Digunakan, yaitu; pengayaan, percepatan, dan segregasi.

a. Pengayaan (enrichment) Dalam model enrichment ini anak mendapatkan Pembelajaran tambahan :1) ecara vertikal; Cara ini untuk memperdalam salah satu atau sekelompok mata pelajaranntertentu. 2)Secara horizontal; Anak diberi kesempatan untuk memperluas pengetahuan dengan Tambahan atau pengayaan yang berhubungan dengan pelajaran yang sedang dipelajari.

b. Percepatan (scceleration) Secara konvensional bagi anak yang memiliki Kemampuan superior dipromosikan untuk naik Kelas lebih awal dari biasanya.

c. Segregasi Anak-anak berbakat dikelompokkan ke dalam satu Kelompok yang disebut “ability grouping” dan Diberi kesempatan untuk memperoleh pengalaman Belajar yang sesuai dengan yaitu: 1) Sekolah khusus, (2) Kelas khuus, dan (Terintegrasi dalam kelas reguler atau normal dengan perlakukan khusus. Model pertama dan ke dua nampaknya banyak mengundang kritik, karena cenderung eksklusif dan elit, sehingga bisa menimbulkan kecemburuan sosial. Kedua sistem ini hanya bisa dilakukan untuk bidang-bidang tertenu saja.

Fahrle, Duffi dan Schulz (1985) dalam DediSupriadi (1992; 23) mengemukakan bahwa Program pendidikan untuk anak-anak berbakat harus Memberikan kepada anak-anak dua macam Pengalaman yang bernilai sosial. Pertama mereka Harus memiliki kesempatan untuk bergaul secara luas Dan wajar dengan teman-teman sebayanya. Kedua Program pendidikan untuk anak-anak berbakat harus Menyediakan peluang kepada peserta didik untuk Secara intelektual tumbuh bersama rekan-rekan Sebayanya.

3. Teknik Konseling Anak Berbakat

Piirto (1994), Colangelo (2002), dan Milgram (1991) mengemukan bahwa secara Umum model dan strategi konseling bagi ABA dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Konseling terapetik

Konseling terapetik dimaksudkan untuk memberikan perlakuan terhadap Persoalan yang dihadapi oleh ABA, baik itu berkenaan dengan persoalan sosial-Pribadi, akademik, maupun karir. Adapun strategi yang sering menunjukkan Efektivitas yang tinggi bagi penyelesaian persoalan ABA, di antaranya sebagai Berikut: pengelompokan dengan teman sebaya, menstrukturkan sistem, Pembuatan jejaring, konseling/diskusi kelompok, terapi pustaka, pemberian Model tokoh keagamaan, mentorship, pemagangan, konseling sebaya, konseling Keluarga, konseling individual, dan kelompok pendukung.

2. Konseling preventif

Konseling preventif dimaksudkan untuk memberikan perlakuan terhadap ABA Dengan berorientasi pada pencegahan akan terjadinya persoalan yang akan Muncul di kemudian hari. Adapun strategi yang sering dijadikan pilihan, di Antaranya: perencanaan akademik yang sesuai, mencegah perkembangan Kelainan prilaku, mencegah underachievement, mencegah konflik Sosial/akademik, menaruh perhatian terhadap kebutuhan afektif terhadap Populasi khusus, perencanaan karir, dan menghindari dampak terhadap Keluarga.

3. Konseling perkembangan

Konseling perkembangan dimaksudkan untuk memberikan layanan konseling Yang berorientasi pada dukungan terhadap pemenuhan kebutuhan ABA untuk Tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi dan kondisinya. Adapun strategi yang dilakukan di antaranya: memahami kekuatan dan kelemahan, penerimaan diri dan pengakuan terhadap keterbatasan ABA, komitmen untuk memelihara kemampuan ABA, pengembangan internal locus of Control, penerimaan kesalahan sebagai pengalaman belajar.

Lalu keterampilan Mengatasi konflik, keterampilan pemecahan masalah, kesadaran, pemahaman dan penerimaan terhadap orang lain, keterampilan berkomunikasi, keterampilan kepemimpinan dan pembuatan keputusan, pengetahuan tentang teknik pengurangan stress, dan kemampuan memandang dirinya sendiri dan kejadian dengan humor.

Pilihan model konseling sangatlah tergantung pada kepentingan konseling, apakah konseling dimaksudkan untuk melakukan pencegahan, melakukan penanganan dan penyelesaian, atau melakukan pengembangan. Artinya kehadiran konseling bagi ABA sangat dinantikan pada saat kapanpun, sehingga tidak ada hari bagi ABA tanpa kebutuhan konseling, karena layanan konseling diperlukan oleh siapapun dan dalam kondisi apapun.

Tags: Anak BerbakatAnak BertalentaPrespektif Konseling Anak
Previous Post

Kasus Perundungan di Sekolah Ternyata Juga Dipengaruhi oleh Gadget, Prof Ridha Ungkap Alasannya

Next Post

Wabup Labuhanbatu Hadiri Sidang Paripurna Laporan Hasil Reses DPRD Tahun 2023

Related Posts

Rusdi-Marzuki
Artikel Pembaca

Penegakan Hukum Pencemaran Nama Baik dan Berita Bohong Dalam Kasus Media Sosial

ago 2 bulan
Penyakit, Kesembuhan dan Kita
Artikel Pembaca

Penyakit, Kesembuhan dan Kita

ago 2 bulan
BUKU-PENGEMBANGAN-DIRI
Artikel Pembaca

Manfaat Membaca Buku Pengembangan Diri untuk Kualitas Diri

ago 2 bulan
Sutrisno-Pangaribuan
Artikel Pembaca

Menanti Netralitas Jokowi

ago 2 bulan
Prof Dr dr. Rini Sekartini, Sp.A (K)
Artikel Pembaca

Wasting & Stunting: Ancaman Bagi Terwujudnya Generasi Emas Indonesia 2045

ago 2 bulan
Mahasiswa-Program-Studi-(S2)-Magister-Ilmu-Hukum,
Artikel Pembaca

Pendekatan ‘Follow The Money’ Dalam Mengungkap Kasus Kejahatan Narkotika

ago 2 bulan
Next Post
Wakil Bupati Labuhanbatu, Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd MM saat menghadiri Sidang Paripurna DPRD Labuhanbatu. (WOL Photo)

Wabup Labuhanbatu Hadiri Sidang Paripurna Laporan Hasil Reses DPRD Tahun 2023

Discussion about this post

Stay Connected

  • 36.6k Fans
  • 40.3k Followers
  • 67k Followers

Trending

  • Kejati-Sumut

    Kejati Sumut Terima Laporan Dugaan Korupsi di Perumda Tirtanadi

    873 shares
    Share 349 Tweet 218
  • Polda Sumut Periksa Terduga Pelaku Penistaan Agama dan Ujaran Kebencian

    657 shares
    Share 263 Tweet 164
  • Istri Anda Pernah Ditiduri Pria Lain, Inilah Ciri-ciri…

    85349 shares
    Share 34140 Tweet 21337
  • Mau Naik Angkot Apa ke Tujuanmu? Ini Daftar Trayek Angkot Kota Medan Terlengkap

    217185 shares
    Share 86874 Tweet 54296
  • Link Video Dea OnlyFans Bikin Mata Tak Berkedip!

    37277 shares
    Share 14911 Tweet 9319

Recent News

Pemda-Diminta-Waspadai-Persekongkolan-Tender-Jasa-Kontruksi-di-Sumut

Pemda Diminta Waspadai Persekongkolan Tender Jasa Kontruksi di Sumut

ago 2 bulan
Bupati-Labuhanbatu-Berharap-KORPRI-Semakin-Bermartabat

HUT ke-52 Tahun, Bupati Labuhanbatu Berharap KORPRI Semakin Bermartabat

ago 2 bulan
Di-Hadapan-Ketua-DPRD-Medan,-Warga-Jalan-Sebarau-Tolak-Pembangunan-TPS-Permanen

Di Hadapan Ketua DPRD Medan, Warga Jalan Sebarau Tolak Pembangunan TPS Permanen

ago 2 bulan
Nekat-Jual-Sabu,-'Monster'-Ditangkap-Polisi

Nekat Jual Sabu, ‘Monster’ Ditangkap Polisi

ago 2 bulan
Waspada Online | Pusat Berita dan Informasi Medan Sumut Aceh

Waspada Online adalah media online pertama di Sumatera Utara yang resmi berdiri pada 11 Januari 1997 bertepatan dengan HUT Harian Waspada ke-50 dengan tujuan utama melengkapi sistem informasi sebagai referensi utama di Medan, Sumatera Utara, dan Aceh.

Follow Us

Temukan di Google Play

Recent News

Pemda-Diminta-Waspadai-Persekongkolan-Tender-Jasa-Kontruksi-di-Sumut

Pemda Diminta Waspadai Persekongkolan Tender Jasa Kontruksi di Sumut

ago 2 bulan
Bupati-Labuhanbatu-Berharap-KORPRI-Semakin-Bermartabat

HUT ke-52 Tahun, Bupati Labuhanbatu Berharap KORPRI Semakin Bermartabat

ago 2 bulan

Waspada Online © 2020 All right reserved.

No Result
View All Result
  • Home
  • Fokus Redaksi
  • Medan
  • Sumut
  • Aceh
  • Jabar
  • Warta
    • Indonesia Hari Ini
    • Politik
    • Mancanegara
    • Ekonomi dan Bisnis
    • Teknologi
    • Features
  • Sports
    • Lokal
    • Nasional
    • Internasional
    • PSMS
  • Ragam
    • Gaya Hidup
    • Kesehatan
    • Khazanah
    • Remaja
    • Wisata
  • Hiburan
  • Terkini
  • WOL Video
  • LAINNYA
    • Komunitas
    • WOL News
    • Advertorial
    • Artikel Pembaca
      • Pengamat
      • Umum

Waspada Online © 2020 All right reserved.