Sunday, 10 February 2013 19:19    PDF Print E-mail
Wakapolda Sumut pensiun
Warta

HARLES SILITONGA
WASPADA ONLINE


MEDAN – Markas Besar Kepolisian RI atau Mabes Polri melakukan mutasi di tingkat perwira tinggi (pati). Mutasi-mutasi itu melibatkan perwira tinggi di sejumlah Polda.

Salah satunya Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Wakapolda Sumut), Brigjen Cornelis Hutagaol, yang akan segera pensiun. Menurut TR atau telegram rahasia Kapolri nomor: ST/285/II/2013, dikeluarkan tanggal 8 Februari 2013, Cornelis dimutasi menjadi  Perwira Tinggi Pelayanan Masyarakat (Pati Yanma) Mabes Polri.

join_facebookjoin_twitter

Dengan pensiunnya Cornelis, mantan ajudan Wakil Presiden Boediono, Kombes Basarudin akan mengisi posisi Wakapolda Sumut yang baru. Kepada Waspada Online, malam ini, Cornelis membenarkan dirinya segera meninggalkan jabatannya di Polda Sumut. "Iya betul, saya memang sudah pensiun, sejak Januari lalu," kata Cornelis.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Raden Heru Prakoso yang dikonfirmasi Waspada Online, malam ini juga membenarkan penggantinya akan diisi Kombes Basarudin, yang saat ini menjabat Wakapolda Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY). Selain Wakapolda Sumut, TR Kapolri yang diterima wartawan, jabatan Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Wahyono akan digantikan AKBP Sambodo Purnomo yang sebelumnya menjabat Kapolres Banjar Jawa Barat. Wahyono saat ini akan menjabat sebagai dosen di PTIK.

Sementara eks ajudan Presiden SBY Kombes Rycko Amelza Dahniel diangkat menjadi Wakapolda Jabar. Rycko sebelumnya bertugas di Lemdikpol. Rycko menggatikan posisi Brigjen Pol Henkie Kaluara yang menempati posisi baru di Baharkam Polri.

Selain itu, Kombes Pol Joko Irianto yang sebelumnya bertugas di Korbrimob kini menempati posisi baru sebagai Wakapolda Banten. Juga Kombes Pol Edward Syah Pernong yang sebelumnya bertugas di Lemdikpol Polri kini menjabat sebagai Wakapolda Maluku Utara. Pergeseran lainnya, Kombes Siswandi, yang sebelumnya jabat Wadirtipidum Bareskrim Polri kini akan ditugaskan di BNN.

Editor: AGUS UTAMA
(dat03/wol) 

WARTA KARTUN 

Comments

Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment