Wednesday, 17 February 2010 02:31    PDF Print E-mail
Fraksi Demokrat DPRD Sumut dukung pencalonan Dhani Setiawan
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Anggota fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara dari Daerah Pemilihan Binjai-Langkat, Tengku Dirkhansyah Abu S. Ali, menyatakan mereka mendukung penuh pencalonan Dhani Setiawan berpasangan dengan Meutya Hafid. Hal ini karena tidak ada alasan bagi seluruh kader untuk tidak mensukseskan calon walikota dan wakil walikota Binjai yang di usung Partai Demokrat.

Hal ini disampaikan Tengku Dirkhansyah yang juga Koordinator Daerah Langkat-Binjai DPD Partai Demokrat Sumut ini kepada Waspada, tadi malam, berkaitan dengan adanya indikasi ketidakpuasan sebagian kader Partai Demokrat di Binjai dengan keputusan DPP Partai Demokrat yang mengusung pasangan Dhani Setiawan dan Meutya Hafid dalam Pilkada Kota Binjai mendatang.

Tengku Dirkhansyah juga membantah anggapan sebagian yang menyebutkan bahwa ketidakhadiran anggota FPD DPRD Sumut dari Dapil Binjai-Langkat pada acara deklarasi Dhani-Meutya adalah cerminan tidak mendukungnya mereka pada pasangan tersebut. Dijelaskannya, ketidakhadiran tersebut karena pada saat bersamaan, kedua anggota FPD DPRD Sumut dari Dapil Langkat-Binjai, yakni Tengku Dirkhansyah dan Ristiawati, sedang berada di Jakarta untuk mengikuti kunjungan kerja Komisi C DPRD Sumut.

“Sebagai kader partai, wajib hukumnya mendukung dan ikut berusaha sekuat tenaga memenangkan pasangan calon bersangkutan yang sudah menjadi keputusan final partai. Kalaupun dulunya ada perbedaan pendapat dalam menentukan siapa calon yang akan diusung, itu adalah hal yang wajar dan lumrah dalam berdemokrasi,” katanya.

“Namun ketika keputusan final sudah diambil dan ditetapkan, segala perbedaan pendapat itu secara otomatis sudah selesai, dan tinggal fokus bagaimana memenangkan calon bersangkutan tersebut,” tambahnya lagi.

Dia mengatakan, pada prinsipnya, tidak ada satu calon pun yang dapat dikategorikan tidak bagus atau tidak punya nilai jual. Setiap calon yang berani mengajukan diri sudah pasti adalah orang-orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam memimpin. Namun pada akhirnya yang menjadi keputusan partai pasti adalah yang terbaik karena sudah melalui beberapa tahapan penjaringan yang dilakukan oleh internal partai. Oleh karenanya, menurutnya keputusan Partai Demokrat yang menetapkan pasangan Dhani Setiawan dan Meutya Hafid dalam pilkada Binjai nanti merupakan keputusan yang tepat, karena keduanya sangat layak untuk memimpin kota itu.

“Tinggal saat ini bagaimana memberikan keyakinan kepada masyarakat Kota Binjai bahwa pasangan calon ini adalah pasangan yang paling layak untuk memperoleh legitimasi rakyat melalui pemilihan kepala daerah di Binjai,” tambahnya.

Diakui memang, figur pasangan calon sangat menentukan dalam mempengaruhi perolehan suara. Jumlah perolehan suara parpol pengusung dalam pemilu kemarin tidak bisa dijadikan tolak ukur yang pasti dalam memprediksi perolehan suara pasangan calon dalam pilkada.

“Akan tetapi perlu diingat bahwa sistem pemilu kita kemarin menggunakan sistem suara terbanyak dan bukan nomor urut. Dengan demikian, salah satu strategi yang bisa dimanfaatkan oleh pasangan calon yang bertarung di Pilkada nantinya adalah dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki oleh para anggota legislatif yang kini duduk di kabupaten/kota dan provinsi." ungkapnya.

Editor: AMIR SYARIF SIREGAR
(dat04/wsp)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment