Wednesday, 03 February 2010 17:31    PDF Print E-mail
Manfaat 5 gerakan yoga sederhana
Ragam

WASPADA ONLINE

Jika tak memiliki waktu melakukan latihan olahraga atau yoga setiap minggu, ada beberapa cara agar tetap memperoleh sikap tubuh dengan memanfaatkan gerakan-gerakan yoga sederhana.

Ahli Yoga Tara Stiles menunjukkan lima gerakan mudah yang dapat dilakukan di mana saja untuk menenangkan otot-otot yang tegang sekaligus mengurangi stres.

1. Tarik napas panjang
Jika Anda terjebak dalam situasi penuh tekanan seperti saat terjebak dalam kemacetan panjang, Stiles menyarankan cara termudah untuk mengurangi ketegangan adalah melalui meditasi pernapasan yang terfokus.

Tutup mulut, dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Teknik sederhana ini dapat menenangkan pikiran dan sistem saraf serta bisa dilakukan dimana saja.

2. Lengan rajawali
Bagi yang menghabiskan banyak waktu duduk di belakang meja, gerakan lengan rajawali dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi ketegangan di bahu dan tulang belakang.

Caranya, bawa lengan di depan Anda, tempatkan siku kanan di atas siku kiri dan putar kedua lengan hingga telapak tangan saling bertemu. Namun jangan memaksakan jika kedua telapak tangan Anda tidak dapat saling menyentuh. Cukup biarkan punggung tangan Anda saja yang saling menyentuh. Ketika Anda menarik napas dalam-dalam, angkat lengan ke atas. Lakukan posisi ini selama lima kali.

3. Gerakan mengepal doa

Menghabiskan waktu dengan membungkuk dapat mengakibatkan ketegangan pada pergelangan tangan, bahu, dan punggung. Posisi mengepalkan tangan di belakang punggung dapat meringankan keadaan ini.

Tekniknya, kepalkan kedua tangan dan tarik ke punggung di sekitar pinggang. Kemudian geser tangan Anda dan satukan keduanya seperti posisi berdoa. Jika pergelangan tangan terasa sakit, jangan memaksa melanjutkan gerakan. Lakukan posisi ini selama lima kali tarikan napas dalam.

4. Gerakan lutut
Jika sedang berjalan-jalan atau jogging, cobalah gerakan penolong cedera lutut. Letakkan tubuh dengan posisi berjongkok rendah dan letakkan ujung jari Anda di depan kedua sisi kaki depan Anda. Perlahan, luruskan kedua kaki. Jika ujung jari tidak menyentuh tanah ketika kaki Anda lurus, tekuk sedikit lutut depan. Jaga agar pinggul tetap dalam poisisi tegak lurus dan tarik napas dalam-dalam selama satu atau dua menit dalam posisi ini. Ulangi pada kaki yang lain, dan ulangi gerakan ini.

5. Posisi merpati

Berlatih gerakan merpati sebelum tidur, menurut Stiles, membantu mengurangi ketegangan di pinggul dan punggung bawah. Postur rileks ini juga dapat membantu menenangkan pikiran dan mempersiapkan diri untuk tidur malam lebih tenang.

Secara perlahan, rendahkan tubuh dengan posisi kaki kanan di depan. Gerakkan kaki kanan pelan-pelan ke arah tangan kiri. Gerakkan lutut ke arah tangan kanan Anda. Betis harus tegak lurus terhadap tubuh. Jika tidak dapat menurunkan pinggul ke tanah, letakkan bantal di bawah pinggul kanan untuk membantu. Lalu, lipat badan di atas kaki Anda, dengan bertumpu pada lengan bawah Anda. Tahan posisi ini selama satu atau dua menit. Ulangi pada kaki kiri.
(dat03/vvn)




Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment

Warta Terkait: