Thursday, 27 March 2014 01:15    PDF Print E-mail
Inilah aturan coblos Pemilu 2014
Warta

WASPADA ONLINE

MEDAN - Komisi Pemiliham Umum Provinsi Sumatera Utara menyosialisasikan peraturan tentang pemungutan dan penghitungan suara kepada seluruh pimpinan partai politik dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah.

Dalam sosialisai di kantor KPU Sumut di Medan, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan, sosialisasi itu sangat diperlukan karena adanya perubahan aturan dalam PKPU nomor 26/2013 tentang pemungutan dan penghitungan suara tersebut.

Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan seluruh peserta Pemilu dan saksi-saksinya di tempat pemungutan suara (TPS) tidak merasa kaget atas perubahan aturan jika dibandingkan Pemulu 2009.

“Jadi, perlu disosialisasikan supaya mereka tidak bertengkar di lapangan nanti,” katanya, Rabu.

Menurut Mulia, diantaranya perubahan aturan tersebut, tidak adanya keharusan warga untuk mencoblos lambang parpol terlebih dulu sebelum mencoblos nama caleg sebagaiman aturan Pemilu 2009.

Dalam Pemilu 2014, warga yang mencoblos nama caleg saja tetap dianggap sah dan pilihan itu tetap akan dimasukkan dalam peraihan suara parpol asal caleg tersebut.

Kemudian, suara warga yang mencoblos dua caleg yang berasal dari parpol yang sama juga dianggap sah, tetapi hasilnya menjadi peraihan suara parpol.

Perubahan itu perlu disosialisasikan agar hasil pemungutan suara nantinya di TPS tidak banyak yang dianggap tidak sah sebagaimana Pemilu 2009.

“Kalau dalam Pemilu yang lalu, suara tidak sah bisa mencapai 14,7 persen,” katanya.

Perubahan lainnya berupa kebolehan petugas pengawas lapangan (PPL) untuk masuk dalam TPS guna mengawasi seluruh tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Dalam Pemilu 2009, PPL yang bertugas tidak boleh masuk ke dalam TPS,” ujar Mulia.

Ketika dipertanyakan minimnya pimpinan parpol yang hadir dalam sosialisasi tersebut, KPU Sumut tidak mempermasalahkannya karena telah diwakilkan melalui pengurus lainnya.

Meski hanya perwakilan, kata Mulia, tetapi sosialisasi tentang pemungutan dan penghitungan suara tersebut telah disampaikan dan dapat diteruskan hingga perangkat partai yang paling bawah.

“Dengan demikian, persepsi tentang surat sah dan tidak sah dapat disamakan,” katanya
(dat03/antara)

 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment