Thursday, 16 January 2014 10:45    PDF Print E-mail
Pemerintah siapkan subsidi BBM baru
Ekonomi & Bisnis
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Pemerintah tengah mempersiapkan gagasan mengenai penerapan subsidi tetap terhadap penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengatakan, bahwa saat ini pemerintah sedang mengkaji kemungkinan mengubah mekanisme subsidi untuk masyarakat.

“Tadi saya ditanya (moderator) soal subsidi. Saya bilang, bukan tidak mungkin, karena tetap mempersiapkan untuk itu,” kata Menkeu  seperti dikutip dari situs Kemenkeu.

Menurut Menkeu, kebijakan subsidi secara tetap merupakan kebijakan yang cukup progresif dalam mengurangi konsumsi BBM bersubsidi. Namun, untuk melakukan kebijakan tersebut masih terdapat beberapa hal yang perlu dikaji lebih lanjut.

Menkeu mengakui, kebijakan subsidi secara tetap tersebut tengah disiapkan dan digodok dalam tingkat pemerintah pusat, agar sewaktu-waktu dapat diterpkan. “Semua kemungkinan tetap ada, karena pemerintah tetap mempersiapkan untuk itu. Tetapi memang belum saya sampaikan ke parlemen,” jelas Menkeu.

Saat ini, lanjut Menkeu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mempersiapkan mekanisme subsidi tertutup. Menkeu mengatakan bahwa pemerintah tengah mencoba membuat subsidi tetap, tetapi perlu juga dilihat bagaimana implementasinya. “Dari tahun lalu kan sudah kita siapkan subsidi tetap. Kita lihat berapa liter per liter tanpa menaikkan harga," pungkas Menkeu
(dat03/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment