Saturday, 11 January 2014 18:21    PDF Print E-mail
Ruhut tak takut dengan 'nyanyian' Anas
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Anas Urbaningrum sudah resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku tak takut jika Anas bernyanyi tentang keterlibatan kader Demokrat lain.

Apalagi, kata Ruhut, Anas akan disidang setelah Pemilu legislatif tanggal 9 April 2014.

"Kalau legislatif aku lihat awal-awal, karena 120 hari itu, sekarang sudah tanggal berapa? Kan sudah selesai legislatifnya tanggal 9 (April). Kalau soal legislatif tidak pengaruh, kan sudah selesai," ujar Ruhut usai menghadiri diskusi di Warung Daun, Jakarta, hari ini.

Soal dampak yang akan terjadi di Pilpres 2014 karena kasus Anas, Ruhut tak berani memprediksi. Dia berharap penahanan Anas mampu mendongkrak elektabilitas partai berlambang Mercy itu dalam Pemilu 2014.

"Nanti mulai persidangan buka saja semua, pileg sudah selesai. Masalahnya tapi mungkin di pilpres aku enggak tahu. Aku minta saja doanya supaya elektabilitas Demokrat tinggi lagi," tegas Ruhut.

Sementara itu, Pengamat Politik dari Indo Barometer M Qodari meyakini bahwa Demokrat akan selamat dari stigma partai korup, apabila KPK berhasil menuntut Anas di luar kasus Hambalang. Menurut dia, rakyat akan melihat jika Anas memang koruptor, bukan Demokrat.

"Katanya Anas tidak terlibat Hambalang saja, tapi juga masalah pendidikan dan biofarma. Kalau itu benar terjadi tidak ada hubungan dengan Demokrat, interpretasi berkembang ke arah berbeda," kata dia.

Sebaliknya, kata dia, jika KPK hanya mengusut Anas soal perkara Hambalang, maka isu negatif akan terus menghantam Demokrat. "Kalau ada kaitan Demokrat juga makin berkutatlah isu politik di situ," imbuhnya.

Seperti diketahui, KPK tak hanya mengusut keterlibatan Anas dalam Hambalang. Diduga KPK juga menyelidiki Anas terkait kasus korupsi di proyek PLTS Kemenakertrans, proyek Pendidikan di Kemendiknas dan proyek kesehatan di PT Bio Farma di Kementerian BUMN.
(dat06/merdeka)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment