Thursday, 05 September 2013 16:05    PDF Print E-mail
Bupati Madina disidang pekan depan
Warta

RIDIN
WASPADA ONLINE

MEDAN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melimpahkan berkas Bupati Madina Muhammad Hidayat Batubara ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan pada 10 September 2013 mendatang.

“Iya rencanya kalau tidak berubah pekan depan tanggal 10 September 2013 akan dilimpahkan berkasnya,” ujar JPU Supardi, usai menggelar sidang lanjutan penyuapan pekerjaan Proyek Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) penyabungan di Kabupaten Madina dengan terdakwa Surung Panjaitan selaku Direktur PT Bumi Lestari Energi (BLE).

Supardi mengatakan tersangka Muhammad Hidayat Batubara nantinya langsung diterbangkan dari Jakarta dan langsung ditahan di Rutan Tanjung Gusta Medan. “Jadi setelah dibawa ke Medan, dia akan menjadi saksi untuk terdakwa Surung Panjaitan pada sidang selanjutnya. Kalau minggu depan juga yang gak mungkin karena kan melihat waktu dan kondisinya,” ujar Supardi, hari ini.

Tersangka Hidayat Batubara nantinya akan dijerat dalam pasal 12 atau pasal 5 tentang tindak pidana korupsi. Sebagaimana diketahui bahwa  Bupati Madina, Hidayat Batubara  tertangkap pada 13 Mei 2013 di kediamannya oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia didakwa telah menerima suap dari seorang kontraktor Surung Panjaitan sejumlah Rp1 miliar.

Hidayat Batubara bersama Khairul Anwar selaku Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Madina, menerima fee tersebut untuk memberikannya pekerjaan Proyek Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan di Kabupaten Madina,Provinsi Sumatera Utara yang bersumber dari dana Bantuan Daerah Bawahan (BDB) pada tahun 2013.

Diketahui bahwa pada tahun 2013 Kabupaten Madina memperoleh BDB dari Pemprov Sumut senilai Rp32.041.446.000, untuk pembangunan RSUD Penyabungan di Madina, yang terbagi dalam tiga paket pekerjaan yakni Unit Gawat Darurat (UGD) senilai Rp1.187.560.116,-, Unit Poliklinik seniali Rp12.454.536.988 dan Unit Rawat Inap senilai Rp18.399.349.505.

Akhirnya atas kasus ini Hidayat,Surung dan Khairul ditangkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat03/wol) 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment