Thursday, 05 September 2013 11:36    PDF Print E-mail
Kasus Cebongan sidang putusan
Warta

WASPADA ONLINE

YOGYAKARTA - Sebanyak 449 halaman yang berisi putusan perkara di bekas pertama kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Cebongan, Sleman, telah disusun oleh Majelis Hakim. Sidang sendiri dimulai pukul 10.00 WIB hari ini.

Majelis Hakim persidangan, yaitu Letkol Chk Joko Sasmito, Mayor Sus Tri Ahmad B, dan Mayor Laut KH/W Kurniawati Syarif.

Ketua Majelis Hakim, Joko Sasmito, mengatakan, pembacaan putusan dilakukan pada pokok-pokoknya saja, sebab, jika dibacakan seluruhnya, akan menghabiskan waktu selama 1.347 menit dengan hitungan setiap halaman menghabiskan waktu tiga menit.

"Sidang dimulai pukul 10.00 WIB, kalau dibaca semuanya akan menghabiskan 22 jam 45 menit dan akan selesai pukul 08.45 WIB, Jumat (6/9) besok. Jadi kita bacakan yang pokok-pokoknya saja ya," tuturnya.

Dalam berkas pertama tersebut diketahui ada tiga terdakwa, yaitu Sersan Dua Ucok Tigor Simbolon, Sersan Dua  Sugeng Sumaryanto, Kopral Satu Kodik. Terdakwa pertama merupakan eksekutor dari empat tahanan titipan Polda DIY di Lapas IIB Cebongan, Sleman.

Untuk Sersan Dua Ucok Tigor Simbolon dituntut oleh Oditur Militer (Otmil) dengan penjara 12 tahun dikurangi masa tahanan dan dipecat. Sersan Dua  Sugeng Sumaryanto dituntut 10 tahun penjara dikurangi masa tahanan dan dipecat. Sementara, Kopral Satu Kodik dituntut 8 tahun penjara dikurangi masa tahanan dan dipecat.

Dalam proses persidangan, para pendukung terdakwa mengepung gedung Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta. Mereka meminta, agar terdakwa dibebaskan dan tidak dipecat.
(dat03/okezone)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment