Monday, 26 August 2013 19:27    PDF Print E-mail
Miss World di Indonesia langgar HAM
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Penolakan atas perhelatan Miss World 2013 pada 7 September mendatang, di Nusa Dua, Bali, terus disampaikan oleh masyarakat Indonesia.

Kini giliran komisioner Komnas HAM menyatakan keberatannya Indonesia dijadikan tempat pelaksanaan kontes ratu kecantikan sejagad tersebut. "Perhelatan Miss World 2013 sebaiknya tidak diselenggarakan di Indonesia," ujar komisoner Komnas HAM Maneger Nasution kepada wartawan, hari ini.

Maneger mengatakan, pihaknya menghormati apabila pelaksanaan acara tersebut dipandang sebagai kebebasan yang merupakan bagian dari HAM. Tapi ketika itu diselenggarakan di Indonesia, justru menjadi pelanggaran HAM.

Karena kebebasan, sebagai bagian dari HAM, sesuai pasal 28J UUD 45, dibatasi oleh UU, susila, dan agama. Bagi masyarakat Indonesia, wanita adalah ibu, kehormatan bangsa. Kecantikannya bukan untuk dipertontonkan dan diperlombakan.

"Budaya kita lekat dengan santun, tata krama, dan menjunjung tinggi kearifan. Kalau smpai pemerintah mengizinkan lembaga kontes kecantikan dunia menyelenggarakan perhelatan Miss World di Indonesia, ini jelas melampaui keadaban kita sebagai bangsa," demikian Maneger.
(dat19/rmol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment