Thursday, 22 August 2013 11:08    PDF Print E-mail
Wakil Gubernur Jateng jadi target komite konvensi PD
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Nama Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, menjadi salah satu target Komite Konvensi Partai Demokrat untuk diundang ikut konvensi capres.

Menanggapi itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengatakan, kalau godaan politik terus ada. Namun, godaan itu akan bisa dihindari jika kader tersebut dididik dengan loyalitas tinggi terhadap partai.

"Setiap kader akan diuji loyalitasnya, dalam perjalanan waktu, jadi diuji loyalitas dalam urusan partai dan loyalitas partai," kata Ara, sapaan akrabnya, Jakarta hari ini.

Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi sudah lama diincar Demokrat ikut konvensi. Jokowi bisa saja menang, apalagi survei tertinggi ditempati Jokowi. Namun, lanjut Ara, godaan itu tidak membuat Jokowi beralih partai dan tetap menegaskan sebagai kader PDI Perjuangan.

"Ini contoh baik, dimana survei hasilnya mempopulerkan Jokowi, banyak partai yang ngajak Jokowi gabung, tapi Jokowi menunjukkan loyalitasnya," kata anggota Komisi XI DPR ini.

Dia menghimbau, semua kader PDI Perjuangan tidak cepat tergoda dengan tawaran-tawaran politik. PDIP, katanya, pernah ditawari menjadi menteri, tetapi tetap menolak. Ara menilai, Jokowi sudah memberi contoh yang baik soal loyalitas.

"Semua kader, semua partai harus ikuti Jokowi, apapun partainya, Sebaliknya, loyalitas kader akan diuji dalam waktu, Jokowi menurut saya lolos ujian loyalitasnya, partai harusnya kaderisasi semua kadernya," tegas Ara.

Ara mengaku tidak bisa memaksa jika nantinya Rustriningsih memilih jalan lain. Namun, setidaknya dia berharap agar Rustriningsih meniru sikap Jokowi. Karena, berpolitik adalah berprinsip.

"Jadi orang itu harus berprinsip dalam berpolitik. Di tengah pragmatisme politik, Jokowi menampilkan figur yang loyal pada partainya, jelas Jokowi kader yang dididik langsung," kata Ara.

"Pilihan politik teserah Rustriningsih, tapi ujian loyalkias itu pasti ada, belajarlah pada mas Jokowi," himbaunya.

Sebelumnya, Komite Konvensi Capres Demokrat mengaku kalau sedang memonitoring Wakil Gubernur Jawa Tengah tersebut. Komite rencananya mengajak Rustriningsih ikut konvensi capres Demokrat. Jika ikut, maka secara otomatis Rustriningsih menjadi kader Partai Demokrat.

"Bu Rustri kita monitor, tapi perkembangannya saya belum tahu. Kemarin saya tidak datang rapat," kata Wakil Ketua Komite Konvensi Capres Partai Demokrat Taufiqurahman Ruki, di Kantor KPK, Rabu (21/8/2013).

Dia tak menampik bahwa Komite Konvensi tengah mencari sosok perempuan untuk mengikuti pertarungan. Kendati demikian, ia menegaskan, pemilihan sosok perempuan itu tak dilakukan secara sembarangan.

"Komite sedaang mencari sosok perempuan yang jika terpilih nanti layak untuk jadi presiden. Tapi kan tidak sembarangan perempuan juga," kata Ruki.
(dat06/inilah)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment