Friday, 16 August 2013 07:45    PDF Print E-mail
Independence Day Run meriahkan HUT RI
Sports
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Istana Kepresidenan bekerja sama dengan TNI, Polri, Kementerian terkait, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bermitra dengan Garuda Finishers selaku partner organizer menggelar “Independence Day Run” pada 25 Agustus mendatang.

Kegiatan olahraga lari berjarak 17 kilometer (17K) dan 8 kilometer (8K) itu akan diikuti sekira 45 ribu pelari. Adapun, angka ini melambangkan tanggal 17 Agustus 1945 yang merupakan HUT Kemerdekaan RI.

Mengusung tema “Independence Day Run Semangat 17/8 untuk Merah Putih” kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat berolahraga dan bergembira bersama dalam rangka memperingati HUT RI ke-68. Nantinya, lomba dimulai pukul 06.00 WIB di depan Istana Merdeka dan berakhir di Pintu Barat Daya Monas, Jakarta.

“Selama ini, peringatan HUT RI selalu dilaksanakan pada rangkaian acara di Kompleks Istana Presiden. Namun, keterlibatan masyarakat dalam rangkaian kegiatan tersebut dirasakan masih sangat terbatas. Karena itu, perlu diselenggarakan sebuah event di mana seluruh rakyat secara terbuka aktif bersama memeriahkan ulang tahun kemerdekaan bangsa,” papar Kasgartap I/Jakarta, Brigjen TNI Toto Rianto, selaku Ketua Panitia Bersama Independence Day Run, Kamis.

Dikatakan, kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan pelari profesional serta bakal terasa istimewa karena pertama kalinya kegiatan lari digelar di depan Istana Merdeka. Penglepasan peserta juga akan dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).  Bahkan dikabarkan SBY sendiri akan ikut tampil sebagai peserta pada kegiatan tersebut.

“Rute dimulai di depan Istana Merdeka. Untuk lari 17K, melintasi Jalan Thamrin, Semanggi, Sudirman, Sisingamangaraja, kemudian berputar di depan sekolah Al-Azhar dan kembali melintasi sisi jalan berlawanan hingga berakhir di Silang Monas melalui Pintu Barat Daya,” lanjut Toto.

Untuk lari 8K sendiri akan berputar di depan Chase Plaza dan kembali dengan finish di Silang Monas, juga melalui Pintu Barat Daya. Peserta pun berkesempatan memenangkan doorprize setelah mendaftarkan diri melalui situs www.bri.co.id atau www.imroadrunner.com hingga 21 Agustus nanti tanpa dipungut biaya.

Bagi setiap peserta yang sudah mendaftar, nantinya mendapatkan asuransi, race pack berupa t-shirt dan nomor dada. Selain itu, 1.000 pelari masing-masing 17K dan 8K yang finish lebih dulu akan mendapat medali penghargaan.

Editor: AUSTIN ANTARIKSA
(dat16/wol/waspada)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment