Thursday, 15 August 2013 20:08    PDF Print E-mail
72 calon anggota KPU Sumut ujian tertulis
Warta
IRWAN SIREGAR
WASPADA ONLINE


MEDAN – Sejumlah 72 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara mengikuti ujian tertulis di salah satu hotel berbintang di Kota Medan, hari ini.

Seluruh calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut itu harus menjawab 100 pertanyaan yang diberikan Panitia Seleksi (Pansel) yang dimulai, hari ini.

Usai ujian tertulis, Ketua Pansel KPU Sumut, Saad Afifuddin Sembiring mengatakan, proses ujian tertulis itu telah berlangsung dengan lancar dan tepat waktu.

Sebelumnya ujian dilangsungkan, pihaknya mengingatkan seluruh calon anggota KPU Sumut tersebut untuk mengikuti proses dengan sportivitas yang tinggi.

Setelah ujian tertulis itu, pihaknya akan menyelenggarakan pemeriksaan tes kesehatan di RS Adam Malik pada 16 Agustus dan ujian psikotes di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 22 Agustus.

“Pemeriksaan kesehatannya akan diberlakukan sesuai kehadiran. Siapa yang dulu hadir, itu yang akan diperiksa duluan,” katanya.

Setelah ujian tertulis berakhir, Pansel memusnahkan soal ujian tersebut dengan membakarnya di halaman belakang hotel yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Medan itu.

Menurut Prof Saad, pembakaran soal ujian tertulis itu merupakan amanah dari KPU agar naskah tersebut tidak menyebar dan dipergunakan untuk kepentingan di luar seleksi calon komisioner. “Itu salah satu penjaminan ‘bank soal’ agar tidak digunakan untuk kepentingan lain,” kata Guru Besar USU tersebut.

Berdasarkan daftar yang dikeluarkan Pansel, terdapat 73 nama calon anggota KPU Sumut yang akan mengikuti ujian tertulis itu.

Namun, dalam ujian yang dilangsungkan, hanya 72 calon anggota KPU Sumut yang mengikuti proses ujian tertulis tersebut. Sedangkan satu calon anggota KPU Sumut atas nama Ade Syahrani Nasution tidak hadir. “Yang bersangkutan juga tidak mengambil nomor ujian. Alasannya tidak jelas,” kata Saad.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat19/wol/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment