Friday, 02 August 2013 09:13    PDF Print E-mail
DPRD lega tidak ada PAW pindah partai
Warta
IRWAN SIREGAR
WASPADA ONLINE


MEDAN - Anggota DPRD Sumatera Utara, Washington Pane dari Fraksi Partai Pelopor Peduli Rakyat Nasional (PPRN) menyebutkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap tidak ada pergantian antar waktu (PAW) terhadap anggota DPRD Pindah Parpol merupakan doa masyarakat Indonesia.

"Keputusan MK itu adalah doa rakyat yang menginginkan wakilnya duduk di DPR seperti kami yang duduk di DPRD Sumut untuk melanjutkan tugas, tanggungjawab dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumut," kata Washington Pane kepada wartawan di gedung DPRD Sumut, hari ini.

Hasil putusan MK No 39/PUU-XI/2013 tanggal 31 Juli menyatakan Caleg yang pindah partai karena partainya tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2014 tidak harus berhenti sebagai anggota DPRD. Dengan keputusan tersebut kata Washington, sudah mendapatkan kepastian, karena selama ini status anggota DPRD Sumut yang tidak lolos partainya seperti 'menunggu di persimpangan jalan'.

"Dengan adanya suatu kepastian ini sudah pasti berkonsentrasi kembali sosialisasi kepada masyarakat dan memperjuangkan asprisasi masyarakat," tambahnya.

Ia mengakui sesuai surat resmi dari DPP PPRN sudah menyetujui anggota DPRD Sumut pindah partai lain seperti ke Gerindra, Hanura, PKPI dan Demokrat. Karena anggota dewan yang duduk dari PRPN memang tujuannya untuk mendengarkan aspirasi rakyat.

Washington menambahkan, sebelum putusan MK tersebut, anggota DPRD yang pindah Parpol terancam di PAW sesuai UU KPU. Kalau tidak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota legislatif maka namanya akan dicoret dari daftar calon tetap (DCT). Hal itulah menjadi kerisauan anggota dewan pindah Parpol selama ini.

Ia menilai, tidak lolosnya partai jangan berdampak langsung kepada anggota dewannya. Disisi lain juga, anggota dewan tidak ada yang ingin pindah partai, terkecuali partainya tidak lolos. "Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009-2014 silam bukan memilih partai dan yang dipilih Calegnya," katanya.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat16/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment