Thursday, 01 August 2013 18:03    PDF Print E-mail
Nelayan ngamuk, 3 kapal pukat gerandong dibakar
Warta
RIDIN
WASPADA ONLINE


MEDAN - Nelayan kecil jenis pukat layang bentrok dengan kapal nelayan pukat teri tarik dua di sekitar perairan Belawan. Akibat bentrokan ini, kapal pukat teri tarik dua (pukat gerandong) asal Kampung Kurnia Belawan dibakar massa nelayan kecil, sore ini.

Informasi yang diterima wartawan, dari sejumlah nelayan menyebutkan, bentrokan berawal dari adanya kekesalan warga nelayan kecil terhadap operasional kapal pukat tarik dua yang dinilai kian meresahkan, bahkan sempat menabrak kapal pukat cencen (pukat layang) asal Kampung Nelayan Indah beberapa hari lalu.

Buntut dari peristiwa penabrakan tersebut, massa nelayan kapal pukat layang asal Nelayan Indah bergabung dengan nelayan Pekan Labuhan dan Young Panah Hijau yang bertangkahan di aliran Sungai Deli, melakukan aksi penyanderaan hingga berujung pada bentrokan serta aksi pembakaran 3 kapal pukat teri.

Meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun salah satu boat nelayan kecil yang turut terbakar tampak diamankan tertambat di kolong jembatan Tol Kampung Kurnia yang dituduh sebagai kapal yang melakukan penyerangan maupun pembakaran.

Ketua DPC HNSI Kota Medan Zulfachri Siagian saat dikonfirmasi, membenarkan adanya peristiwa tersebut namun pihaknya saat ini sedang memcari solusi jalan keluar pertikaian antar nelayan tersebut agar kejadian serupa tak terjadi kembali.

"Kita telah menjenguk 4 nelayan yang kabarnya diamankan di Polairdasu Belawan terkait masalah bentrokan dan pembakaran kapal tersebut. Kita berharap kepada pemerintah khususnya aparat keamanan laut dapat mencari solusi, sehingga bentrokan antar nelayan ini tak terulang kembali. Sebab mereka sama-sama nelayan bahkan kita minta agar keempat nelayan itu tak ditahan, intinya kita harapkan pemicu bentrok akibat Permen 02 tahun 2011 tersebut dapat ditinjau kembali sehingga masyarakat nelayan tak salah paham mengenai peraturan tersebut," pungkas Zulfachri.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat03/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment