Wednesday, 24 July 2013 13:09    PDF Print E-mail
Wanita cantik kalungi Kopassus terdakwa Cebongan
Warta
WASPADA ONLINE

YOGYAKARTA - Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta kembali menggelar sidang lanjutan kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan dengan 12 terdakwa yang juga anggota Komando Pasukan Khusus Grup 2 Kandang Menjangan Kartosuro. Dalam sidang hari ini ke-12 terdakwa mendapat kalung bunga dari belasan perempuan cantik.

Mengenakan kaus hitam dan rok mini, para perempuan itu mengalungi karangan bunga melati kepada para terdakwa. Mengaku dari elemen masyarakat Yogyakarta, mereka menolak premanisme dan mendukung Kopassus memberantas preman.

"Ini bentuk dukungan kami kepada Kopassus dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Yogyakarta," kata salah satu perempuan cantik yang mengalungkan melati ke salah satu terdakwa yang berpesan tak bersedia menyebutkan namanya di Pengadilan Militer II-11. Dia pun berharap sidang bisa berjalan dengan adil.

Sementara itu, Ketua DPD Gerakan Rakyat Indonesia Baru DIY, Waljito mengutip kesaksian Joko Kurniawan, petugas keamanan Hugo's Cafe yang bersaksi kemarin. Dalam sidang, Joko mengungkapkan, pelaku pengeroyokan anggota Kopassus Heru Santosa, lebih dari 8 orang. Namun, polisi hanya menetapkan 4 tersangka, yakni Dicky cs.

Kematian Heru Santosa tidak bisa dipisahkan dari penyerbuan Lapas Cebongan. Semua tahanan yang tewas dalam penyerbuan itu adalah tersangka pembunuhan Heru Santosa, yaitu: Dicky, Juan, Dedi, dan Adi.

"Karena ini fakta pengadilan, harus dituntaskan oleh aparat kepolisian. Jangan sampai kesalahan ini hanya ditimpakan kepada Dicky dan 3 temannya yang tewas namun pelaku lainnya masih menghirup udara bebas di luar," katanya.

Waljito juga mengingatkan, semua elemen masyarakat Yogya harus mengawal persidangan kasus Cebongan ini sampai selesai sehingga tidak ada intervensi pihak-pihak yang punya kepentingan. "Serahkan keputusan kepada majelis hakim untuk memberikan hukuman yang adil bagi 12 terdakwa anggota Kopassus."
(dat19/viva)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment