Tuesday, 02 July 2013 16:52    PDF Print E-mail
Lidah putih bisa jadi pertanda liver
Ragam
WASPADA ONLINE

Pernah mengamati tidak, ketika lidah berubah warna menjadi keputihan? Hmmm... sebenarnya Anda perlu waspada apabila ini sedang Anda alami, karena apabila lidah berwarna keputihan menunjukkan tanda kesehatan Anda sedang kurang baik.

Mungkin tampak sepele, tetapi lidah yang berwarna putih bisa mengindikasikan penyakit yang sedang mengganggu tubuh Anda. Beberapa penyakit yang diindikasikan dari lidah berwarna putih di antaranya:

Kurangnya kesehatan mulut
Yang pertama jelas menandakan kesehatan mulut Anda buruk. Bisa jadi karena memang Anda kurang bersih dan detail merawat kesehatan mulut, serta tidak rajin menggosok gigi.

Solusinya selalu detail dalam menggosok gigi serta jangan lewatkan bagian lidah dengan alat khusus pembersih lidah. Cara ini juga sekaligus akan membuat nafas Anda lebih segar.

Dehidrasi
Tanda kedua apabila lidah Anda berwarna keputihan yaitu dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan air, maka lidah tampak putih pucat. Kuncinya adalah menjaga keseimbangan asupan air minum, setidaknya 1-2 liter setiap hari.

Demam
Saat sedang demam tinggi, biasanya lidah berwarna putih dan seperti ada kerak yang menempel di sana.. Umumnya juga disertai rasa pahit serta tidak nyaman saat menelan. Peningkatan suhu tubuh menyebabkan dehidrasi sehingga lidah menjadi tampak putih dan pucat.

Problem liver
Ada problem pada liver atau pencernaan Anda apabila lidah Anda berwarna putih. Dan bila pertanda ini muncul, artinya Anda perlu segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter.

Akibat merokok
Merokok membuat kondisi mulut menjadi kering dan dehidrasi, dan di sinilah akibatnya lidah menjadi berwarna putih. Sayangnya, umumnya warna putih pada lidah para perokok sifatnya permanen.

Leucoplakia
Nama penyakit yang cukup aneh ini ternyata mengacu pada penyakit berbahaya yaitu kanker. Apabila lidah Anda berwarna putih bukan karena hal-hal di atas, maka ini adalah pertanda Anda sedang menderita kanker mulut. Lekas hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan detail untuk memastikannya.

Ingat ya, jangan remehkan tanda-tanda kesehatan yang ditampakkan tubuh, sekecil apapun itu. Pastikan bahwa kesehatan menjadi yang utama bagi Anda.
(dat06/vemale)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment