Friday, 14 June 2013 01:12    PDF Print E-mail
KPU Langkat umumkan DCS
Warta
WASPADA ONLINE

LANGKAT -  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mengumumkan daftar calon sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang terdiri dari 574 bakal calon anggota legislatif.

"Kita sudah mengumumkan daftar calon sementara untuk diketahui masyarakat," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Langkat Margono Zumintoro di Stabat, Kamis.

Sebelumnya rapat pimpinan KPU menetapkan 574 bacaleg dari 12 partai politik peserta Pemilu 2014 yaitu Nasdem, PKB, PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura, PBB, dan PKP masuk dalam DCS.

Penetapan DCS tersebut berdasarkan amanat Pasal 62 Undang-Undang Nomor 08 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD jo Pasal 30 Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2013.

Margono juga mengungkapkan bahwa 574 bacaleg dalam DCS tersebut telah terbagi dalam lima daerah pemilihan.

"Diharapkan kepada masyarakat luas untuk memberikan tanggapan, masukan kepada KPU tentang DCS, baik secara langsung, tertulis, ataupun dengan cara lain yang bertanggung jawab," kata Margono.

KPU memberikan waktu 10 hari bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan terkait DCS tersebut.

"Masyarakat mempunyai hak untuk menilai para calon anggota legislatif ini dengan bebagai tanggapan yang bertanggung jawab," katanya.

Pada bagian lain Margono juga menjelaskan seluruh parpol telah memenuhi syarat keterwakilan perempuan sebesar 30 persen di dalam pengajuan bacaleg.

Secara terpisah Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Langkat Effendi Lubis mengungkapkan dengan diumumkanya DCS, partainya tinggal menunggu apakah ada masukan atau tanggapan dari masyarakat terhadap kader yang diusung partai tersebut.

"Kita tunggu hingga 10 hari ke depan, mudah-mudahan tidak ada tanggapan, sehingga KPU akan langsung menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT)," kata Effendi Lubis yang juga menjadi bacaleg dari daerah pemilihan satu meliputi Stabat, Secanggang, Wampu, dan Batang Serangan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Muin Irian Nasution, yang juga merupakan bacaleg dari daerah pemilihan Hinai, Sawit Seberang, dan Padang Tualang.

"Kita menanti mana tahu ada tanggapan terhadap pengumuman yang sudah disampaikan Komisi Pemilihan Umum Langkat," katanya.
(dat16/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment