Wednesday, 12 June 2013 02:19    PDF Print E-mail
Hari ini, penetapan DCS DPR Aceh
Warta
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menjadwalkan rapat pleno penetapan daftar calon sementara atau DCS anggota DPR Aceh, hari ini, Rabu (12/5/2013).

Wakil Ketua KIP Aceh Basri M Sabi di Banda Aceh mengatakan, KIP Aceh terlebih dahulu berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh membahas daftar calon sementara tersebut sebelum penetapan.
    
"Walau keberadaan Bawaslu Aceh masih berpolemik, namun lembaga tersebut merupakan perangkat penyelenggara pemilu. Jadi, penetapan DCS ini perlu dikoordinasikan dengan Bawaslu Aceh," kata dia.
    
Selain itu, kata dia, sebelum menetapkan DCS, KIP Aceh juga sudah berkoordinasi dengan penghubung partai politik peserta pemilu. Koordinasi tersebut merupakan bagian dari proses verifikasi bakal calon anggota legislatif.
    
"Koordinasi ini menyangkut kelengkapan syarat pencalonan serta pemenuhan 30 persen kuota perempuan. Kuota perempuan ini merupakan syarat mutlak," kata dia.
    
Wakil Ketua KIP Aceh itu menambahkan, setelah DCS ditetapkan langsung diumumkan di media massa harian terbitan lokal. Hal ini mengacu kepada peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.
    
Berdasarkan pengumuman tersebut, kata dia, masyarakat bisa memberikan masukan dan pendapatnya. Masukan dan pendapat tersebut harus menyangkut persyaratan calon.
    
"Kami tidak menerima masukan dan pendapat di luar hal yang menyangkut persyaratan calon. Dan yang memberi masukan harus menyertakan identitas diri," kata Basri M Sabi.
(dat06/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment