Tuesday, 11 June 2013 19:52    PDF Print E-mail
Harga emas dunia alami penurunan
Ekonomi & Bisnis
WASPADA ONLINE

LONDON - Harga emas turun ke level terendah dalam lebih dari dua pekan di perdagangan New York, AS, di tengah spekulasi Federal Reserve (Fed) yang akan mengekang stimulus ekonomi AS dan masa libur di China.

Bulan lalu, Ketua Federal Reserve, Ben S Bernanke mengatakan, bank sentral bisa mengurangi pembelian obligasi USD85 miliar per bulan jika ekonomi membaik.

"Sentimen optimis atas prospek ekonomi Amerika terus memberi makan kekhawatiran meningkatnya yield AS dan mengurangi kecepatan untuk QE3. Sementara volume di Asia akan ditundukkan karena hari libur di China," ujar Andrey Kryuchenkov, analis VTB Capital, London, seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (11/6/2013)

Emas untuk pengiriman Agustus turun 0,8 persen menjadi USD1,374.80 per ounce pada perdagangan di Comex, New York, pukul 07.55 (waktu setempat). Harga jatuh ke USD1,365.80, level terendah sejak 23 Mei lalu.

Emas turun 2,3 persen pada 7 Juni lalu, setelah data payrolls AS menunjukkan meningkat lebih dari perkiraan pada Mei. Tahun ini, harga turun 18 persen karena ekonomi AS membaik, meningkatkan spekulasi Fed akan kembali pada skala kuantitatif.

Newcrest Mining Ltd (NCM), produsen emas terbesar Australia, pekan lalu mengatakan akan menuliskan nilai asetnya sebanyak USD6 miliar Australia (USD5,6 miliar) setelah harga anjlok.
(dat06/sindonews)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment