Thursday, 30 May 2013 20:15    PDF Print E-mail
3 cabub independen belum penuhi dukungan
Warta
WASPADA ONLINE

BATUBARA – Tiga pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Batubara, Sumatera Utara, dari jalur perseorangan (independen, red) belum memenuhi syarat dukungan minimal yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batubara Donni Harahap, mengatakan hari ini, dari verifikasi yang dilakukan, yang memenuhi syarat dukungan hanya pasangan OK Arya Zulkarnain-Harry Nugroho yang menyerahkan fotokopi KTP 36.607 lembar.

Setelah diverifikasi, dukungan sah yang dimiliki pasangan OK Arya Zulkarnain-Harry Nugroho sebanyak 34.155 lembar atau melebihi batas minimal yang ditentukan, yakni 18.761 lembar.

Dari verifikasi di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) itu, tiga pasangan lain, yakni Gong Matua Siregar-Achmad Dani dinyatakan memiliki dukungan sah 17.796 lembar atau kurang 965 lembar.

Pasangan HM Syafii-Suyono hanya memiliki 16.462 lembar dukungan sah (kurang 2.299 lembar), dan pasangan Zulkarnain-Zuraidi 13.046 lembar dukungan sah (kurang 5.715 lembar).

KPU Batubara masih memberikan waktu perbaikan bagi pasangan bakal cabup dan cawabup tersebut untuk melengkap kekurangan bukti dukungan hingga 2 Juni 2013.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seluruh pasangan bakal cabup dan cawabup dari jalur perseorangan itu harus mampu memberikan perbaikan sebanyak dua kali lipat dari kekurangan awal.

Dengan kekuarangan bukti dukungan sebanyak 965 lembar, maka pasangan Gong Matua Siregar-Achmad Dani harus menyerahkan fotokopi KTP minimal 1.930 lembar.

Demikian juga dengan pasangan HM Syafii-Suyono yang kurang 2.299 lembar, harus menyerahkan perbaikan dengan jumlah minimal 4.598 lembar. Sedangkan pasangan Zulkarnain-Zuraidi yang kurang 5.715 lembar harus menyerahkan fotokopi KTP minimal 11.430 minimal.

Setelah perbaikan bukti dukungan itu diperbaiki, KPU Batubara akan melakukan verifikasi ulang untuk mengetahui keabsahan fotokopi KTP yang diberikan. “Kalau dinyatakan lengkap, mereka dapat mendaftar bersamaan dengan calon yang didukung parpol atau gabungan parol,” katanya. Menurut catatan, KPU Batubara akan menyelenggarakan pilkada pada 19 September 2013.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat16/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment