Sunday, 19 May 2013 16:14    PDF Print E-mail
Inilah pejabat Sumut terseret kasus korupsi
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Indonesia Constitusi Watch (Icon Watch) mengatakan, pejabat di Sumatera Utara baik kepala daerah tingkat Sumut dan para kepala daerah di kabupaten/kota yang terseret kasus korupsi.

Menurut Direktur Eksekutif Icon Watch,Razman Arif Nasution, ada tujuh dugaan korupsi yang melibatkan pejabat di Sumatera Utara antara Gubernur Sumut yang diduga terkait dengan dana Bantuan Sosial (Bansos), dana Bantuan Daerah Bawahan (BDB) dan korupsi Daging Sapi Import.

Kedua, Walikota Medan non aktif, Rahudman Harahap yang menjadi terdakwa serta telah non-aktif.

Ketiga, Bupati Mandailing Natal Hidayat Batubara yang tertangkap tangan olek KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Walikota Sibolga senilai Rp17 miliar yang diketahui dari berbagai media saat ini ditangani oleh Polda Sumut dan Kejaksaan.

Kelima, dugaan penyelewengan jabatan di kabupaten Simalungun.

Keenam, Kasus yang melibatkan Ridwan Panjaitan yang disebut-sebut sebagai orang mantan kepercayaan Gatot Pujo Nugroho  dalam aliran dana Bansos.

Ketujuh, mantan calon gubernur yang disebut-sebut melakukan tindak pidana korupsi saat memegang jabatan di Bank Daerah.

"Banyaknya Kepala Daerah di Sumatera Utara yang tersandung kasus dugaan korupsi. Jadi Saya melihat Sumatera Utara sudah lampu merah. Terkait korupsi kepala daerah. Jadi kalau ada bahasa yang mengatakan sumut darurat korupsi itu pantas dan patut kalimat itu keluarkan," ujar Razman, hari ini.

Razman menyatakan ketujuh dugaan tersebut  adalah lampu merah bagi Sumut  yang dimana daerah yang  telah  daerah yang dikonotasikan peringkat ke 3 korupsi di Indonesia.

Dia menilai penegak hukum di Sumut seperti Kejaksaan Tinggi  dan Kepolisian Daerah Sumut harus melakukan ekspose publik berapa kepala daerah yang telah ditangani ataupun diselidiki. " Kalau dari kejaksaan  harus ekspose, sama dengan kepolisian yang terbuka ke publik apa saja yang ditangani dan faktor apa saja," ujarnya yang juga caleg DPR RI Sumut II dari Partai Gerindra tersebut.
(dat06/rls)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment