Wednesday, 15 May 2013 12:38    PDF Print E-mail
Hari ini Pilgub Bali
Warta
WASPADA ONLINE

Terdapat 6.371 tempat pemungutan suara atau TPS. Ribuan TPS itu tersebar di 9 kabupaten/kota di Bali yakni Denpasar, Badung, Tabanan, Jembrana, Buleleng, Bangli, Karangasem, Klungkung, dan Gianyar.

Total jumlah pemilih yang terdaftar dalam Pilgub Bali sebanyak 2.925.679 yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.448.287 dan pemilih perempuan sebanyak 1.477.392. Para pemilih ini merupakan warga yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap di KPU Provinsi Bali.

"Pemilih dapat menggunakan hak pilih di TPS jika terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau Daftar Pemilih Sementara (DPS) serta membawa surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara atau model C6. Jika pemilih tidak terdaftar di DPT atau DPS, dapat menggunakan hak pilihnya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sesuai alamat yang tertera dalam KTP," ujar Ketua KPUD Bali, Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa di Denpasar hari ini.

Lanang mengimbau kepada warga Bali yang memiliki hak pilih agar tidak golput. Jumlah pemilih yang golput atau tidak memilih dalam Pilgub Bali sebelumnya yakni pada tahun 2008, sebanyak 20 persen dari total jumlah warga yang memiliki hak pilih. Tahun ini KPUD Bali menargetkan jumlah pemilih dalam Pilgub Bali mencapai 75 persen.

Pilgub Bali kali ini akan diikuti dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur yakni pasangan Anak Agung Puspayoga dan Dewa Sukrawan atau paket PAS yang diusung oleh PDIP dan didukung PKS dan Nasdem.

Sementara lawannya yang incumbent yakni Mangku Pastika yang berpasangan dengan Ketut Sudikerta yang diusung partai koalisi Bali Mandara yang terdiri dari beberapa partai yakni Demokrat, Golkar, Hanura, dan Gerindra.
(dat20/inilah)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment