Tuesday, 14 May 2013 22:10    PDF Print E-mail
Bupati Madina korupsi pembangunan RS?
Warta
RIDIN
WASPADA ONLINE


MEDAN - Bupati Mandailing Natal (Madina) Hidayat Batubara diperiksa petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terkait pembangunan rumah sakit (RS) pemerintah Kabupaten Mandailing Natal senilai Rp33 miliar

Namun pemeriksaan terhadap Hidayat urung dilakukan karena bupati kabupaten pemekaran Tapanuli Selatan itu tidak berada di rumahnya Jalan Sei Asahan nomor 76, saat petugas KPK menggeledah rumah mewah itu.

Salah satu petugas intelijen yang memantau petugas KPK yang menggeledah  rumah Hidaayat mengatakan, petugas KPK sudah memeriksa rekanan proyek pembangunan rumah sakit itu berinisial SP.

" SP bersama Kepala Dinas Bina Marga Pekerjaan Umum CAD diamankan petugas KPK karena tertangkap memberi dan menerima suap sebesar Rp1,5 miliar. Namun dalam pemeriksan KPK, CAD mengaku menerima uang dari SP untuk disetorkan kepada Bupati Hidayat Batubara sebagai komitmen fee agar dimenangkan sebagai pemegang tender rumah sakit," kata petugas tersebut.

Terlihat rumah Hidayat tertutup rapat. Tiga penjaga rumah berada dibalik gerbang memantau wartawan yang menunggu di depan rumah mewah itu. Sekitar pukul 17.00 WIB, satu orang keluar dari dalam rumah hidayat.

Namun orang yang mengaku sebagai Kepala Lingkungan bernama Gusman itu tidak banyak menyampaikan informasi perihal kedatangan petugas KPK . "Saya tidak tahu mengenai penggeledahan KPK. Tadi saya dijemput petugas Polsek Medan Baru untuk menyaksikan yang katanya penggeledahan KPK," katanya.

Informasi menyebutkan  Hidayat Batubara sedang berada di Berastagi untuk satu kunjungan bersama koleganya. Adapun petugas KPK yang lain juga mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi Sumut di Jalan Abdul Haris Nasution. Namun Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Noor Rachmad  sedang berada di Jakarta untuk mengikuti pendidikan karir.

Hingga pukul 18.20 WIB, petugas KPK masih berada di dalam rumah Hidayat. Belum ada penjelasan penggeledahan itu berkaitan dalam kasus apa. Namun sekitar pukul 19.00, sebuah Toyota Innova Silver BK 1414 JS dan Daihatsu Xenia hitam BK 1619 JF keluar dari rumah Hidayat.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat16/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment