Tuesday, 14 May 2013 18:59    PDF Print E-mail
Prajurit Armed penyerang Polres OLU terancam dipecat
Warta

WASPADA ONLINE


PALEMBANG - Oditur milter (Odmil) 1-04 Palembang akhirnya menuntut terdakwa Serma H Mutjobah Fatoni, anggota Batalion Armed, 15/76 Tarik Martapura OKUT, empat tahun penjara dan pidana tambahan dipecat sebagai anggota TNI AD.
     
Tuntutan itu dibacakan Oditur Mayor Sus Riswandono dalam sidang lanjutan kasus penyerangan Mapolres OKU di pengadilan militer (Dilmil) 1-04 Palembang yang dipimpin Ketua Majelis hakim Letkol Sus Reki Irene L dan dua hakim anggota Mayor ChK Ramian dan Mayor ChK Sultan, hari ini.
      
"Dari fakta hukum yang ada, karena itu terdakwa terbukti secara syah melanggar unsur dua melakukan penghasutan atau pasal 160 KUHP," ungkap Oditur Mayor Sus Riswandono dalam persidangan.

Adapun unsur yang meringankan terdakwa Serma Fatoni, kata Oditur, terdakwa belum pernah ditahan penjara dan terdakwa juga telah menyesali perbuatannya.

"Sedangkan unsur yang memberatkan, terdakwa, merusak Citra Korps TNI serta akibat pebuatan yang dipelopori terdakwa merusak Mapolres OKU, Pospol dan mengakibatkan korban luka serta meninggal dunia," paparnya.
      
Setelah mendengarkan tuntutan Oditur, Ketua Majelis hakim, Letkol Sus Reki Irene L mempersilakan terdakwa untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan penasehat hukumnya.

"Silakan dikonsultasi dulu, mau menyampaikan pledoi (keberatan) atau tidak terhadap tuntutan oditur," ungkap Reki dalam sidang.
     
Setelah melakukan konsultasi, terdakwa Serma Fatoni menyerahkan jawabannya kepada penasehat hukumnya Kapten Ernanda.

"Kami akan melakukan pledoi majelis hakim, dalam waktu satu minggu," ungkap penasehat hukum terdakwa, Kapten Ernanda.
     
Namun pimpinan sidang, Letkol Sus Reki Irene L hanya mengabulkan untuk melakukan pledoi selama tiga hari.

"Kita lanjutkan sidang ini tiga hari ke depan atau 17 Mei nanti,"tutup ketua majelis.
(dat03/sindo)




 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment