Thursday, 09 May 2013 22:53    PDF Print E-mail
Resmi: Moyes pelatih MU
Sports
WASPADA ONLINE

MANCHESTER, Inggris - Rumor ditunjuknya David Moyes menggantikan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, sudah terbukti. Pelatih Everton itu mengundurkan diri akhir musim ini dan bakal melatih MU untuk enam tahun ke depan.

"David Moyes akan mengambil alih posisi pelatih Manchester United dari musim 2013-2014," demikian pernyataan MU seperti dilansir situs resmi klub, Kamis.

join_facebookjoin_twitter

MU menyatakan penunjukkan Moyes itu diambil pihak klub setelah mendapat rekomendasi dari Ferguson. Pelatih asal Skotlandia itu akan memulai tugas barunya menangani Robin van Persie cs pada 1 Juli 2013.

MU mengejutkan publik sepakbola dunia saat mengumumkan berita pensiun Sir Alex Ferguson, Rabu kemarin, setelah 26 tahun menangani Setan Merah. Melihat usianya yang sudah 71 tahun, banyak yang menebak Fergie bakal pensiun, namun tidak menyangka di akhir musim ini.

Spekulasi soal pensiunnya Fergie sudah merebak, setidaknya sejak musim lalu. Bersamaan itu pula, nama David Moyes muncul sebagai kandidat pengganti bersama nama-nama lain seperti Josep Guardiola, Jose Mourinho hingga Jurgen Klopp. Kini, nama Moyes sudah resmi menjadi suksesor Sir Alex.

“Ketua umum, mewakili klub, ingin mengucapkan terimakasih kepada David untuk kontribusinya yang amat besar pada Everton sejak kedatangannya Maret 2002 lalu. Dia menjadi pelatih yang luar biasa,” demikian penjelasan dalam situs resmi Everton.

“Selama kariernya di Goodison Park, David telah memimpin tim di lebih dari 500 pertandingan, termasuk di kompetisi Eropa. Dua laga terakhirnya sebagai pelatih Everton adalah dua laga terakhir Liga Premier musim ini melawan West Ham United dan Chelsea. Everton akan mencari pelatih pengganti secepatnya,” sambung pernyataan The Toffees.

Selama 11 tahun bersama Everton, pelatih berusia 50 tahun itu tak berhasil meraih gelar. Namun kematangan dan loyalitasnya sepertinya menjadi pertimbangan utama manajemen Setan Merah menunjuknya sebagai pengganti Ferguson.

“Sungguh suatu kehormatan bisa menjadi pelatih baru Manchester United.  Saya juga berterima kasih kepada Sir Alex yang turut memberi rekomendasi sebagai suksesornya. Segala pencapaian dan prestasi Sir Alex akan memotivasi saya meneruskan tongkat kepelatihan klub ini,” kata Moyes.

“Saya sadari akan sulit mengikuti jejak Sir Alex, namun kepercayaan menangani klub sehebat MU tidak datang begitu saja. Saya berjanji menjaga reputasi dan dominasi MU di Liga Premier sekaligus bangkit di kancah Eropa,” beber Moyes lagi.

Kendati menerima tawaran sebagai direksi klub bersama Manchester United, Sir Alex pun berjanji tidak akan mengintervensi kinerja Moyes nantinya. Laga tandang di West Bromwich Albion pada 19 Mei nanti bakal menjadi penutup manis kariernya bersama MU.

Editor: AGUS UTAMA
(dat06/wol/mantud)




WARTA KARTUN

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment