Wednesday, 08 May 2013 18:59    PDF Print E-mail
Adipura Kencana, Medan berbenah
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Pemerintah Kota Medan terus melakukan pembenahan terhadap sejumlah fasilitas objek dan pelayanan publik dalam upaya meraih penghargaan Adipura Kencana.

Walikota Medan Rahudman Harahap di Medan, hari ini mengatakan pihaknya berupaya maksimal untuk berbenah, tidak hanya dari segi fisik, bahkan melakukan pembenahan perilaku petugas pelayanan karena menjadi satu dari item penilaian Adipura Kencana.

“Minggu ini penilaian final untuk kota Medan layak tidaknya menerima Adipura Kencana yang merupakan pantauan tim penilaian terakhir. Sebelumnya tim pantau penilaian Adipura satu dan dua sudah datang dan untuk penghijauan kita sudah baik,” katanya.

join_facebookjoin_twitter

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan peninjauan terhadap beberapa lokasi seperti kompleks perkantoran yakni kantor Disdukcapil Medan, kantor Perpustakaan dan kantor Camat Medan Petisah.

Terminal juga tidak luput dari pantauan, mengingat terminal memiliki bobot penilaian yang tinggi yakni enam, begitu juga dengan tempat umum lainnya seperti pasar, bahkan lapangan terbuka juga bobotnya penilaiannya lebih tinggi.

“Untuk terminal, truk-truk seperti container yang memiliki bak terbuka di atas harus ditutup karena kalau terbuka maka akan mempengaruhi kualitas udara dan membuat penumpang tidak nyaman. Terminal kamar mandinya juga harus bersih dan itu yang terpenting,” katanya.

Tidak hanya itu, yang paling penting lagi, kata dia keramahtamahan petugas, karena penilaian untuk Adipura Kencana tidak hanya menyangkut kebersihan fisik, namun juga menyangkut perilaku petugas dalam melayani.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta masyarakat untuk mendukung Kota Medan dalam upaya meraih Adipura Kencana, salah satunya tetap menjaga kebersihan di lingkungan amsing-masing. “Marilah kita dukung program pemerintah kota dalam rangka menjadikan kota ini bersih dan bisa mendapatkan penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Tanpa peran masyarakat tidak akan bisa tercapai,” katanya.

Sementara untuk pembenahan fisik di jajaran SKPD, Pemkot Medan juga terus melakukan pembenahan.

Seperti yang disampaikan Kadis Pertamanan kota Medan, Zulkifli Sitepu, pihaknya berupaya membenahi objek yang menjadi penilaian tim Adipura Kencana yakni pulau-pulau jalan, taman, persimpangan, planting boks.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebersihan Pemerintah Kota Medan Pardamean Siregar menyatakan optimistis Kota Medan tahun 2013 mampu meraih penghargaan Aipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup.

“Kami memperkirakan Kota Medan dengan didukung berbagai aspek dari sisi lingkungan hidup layak memperoleh Piala Adipura Kencana,” katanya, di Medan, kemarin.

Oleh karena itu, lanjutnya, adalah wajar jika Ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu tahun 2013 oleh Kementerian Lingkungan Hidup ditetapkan seabagai salah satu kota nominator penerima Adipura Kencana.

Disebutkannya, ada enam Kota lain yang menjadi nominator peraih Piala Adipira Kencana tahun ini, termasuk Palembang dan Surabaya yang merupakan juara tahun lalu.

Jika Medan berhasil meraih Piala Adipura Kencana, lanjut Pardamean, penghargaan tersebut diyakini akan turut menambah tekad dan komitmen Pemerintah Kota Medan bersama segenap warga setempat untuk lebih optimal lagi untuk bersama menjaga kebersihan dan keindahan kota.

Ia menambahkan, kriteria pemberian penghargaan Adipura Kencana tidak hanya menilai aspek-aspek lingkungan hidup yang menjadi domain kerja Dinas Kebersihan, namun juga dinas lainnya seperti Pertamanan, Pendidikan, Pasar, dan Perhubungan.

“Penghargaan Adipura Kencana sangat penting, karena akan semakin memotivasi warga Kota Medan untuk turut menjaga lingkungan,” tambahnya.

Pemerintah Kota Medan, katanya, akan terus berupaya membenahi dan meningkatkan kualitas kenyamanan lingkungan dan kebersihan untuk menjadikan kota berpenduduk sekitar tiga juta jiwa lebih itu indah, nyaman dan indah.

Namun demikian, menurut dia, tekad dan komitmen Pemko Medan tersebut perlu senantiasa didukung partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungannya masing-masing.
(dat16/antara)




WARTA KARTUN

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment