Wednesday, 08 May 2013 14:01    PDF Print E-mail
Pasar tradisional Mekro resmi dibuka
Warta

IRWAN SIREGAR
WASPADA ONLINE


MEDAN - Untuk membantu perekonomian usaha kecil menengah di Kecamatan Medan Sunggal, LSM Perjuangan Keadilan (PEKA) bertekad membangun pasar tradisional. Pasar tersebut diberikan nama pasar tradsional Mekro terletak di Desa Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.

Pasar tradisional Mekro secara resmi dibuka hari ini, dengan pemotongan pita oleh Camat Sunggal Dedi Maswardy, yang diwakili Kabid Umum Camat Lukah, Kepala Desa Medan Krio Suprayetni dan Koordinator pasar tradisional Mekro, Agustinus Riza Surya S Kaban.

Dalam sambutannya, Riza mengatakan pendirian pasar tradisonal atas permintaan masyarakat, sehingga pihaknya berkoordinasi dengan kepala desa untuk bermitra, guna membantu usaha mikro kecil-menengah khususnya di Sunggal.

"Pembangunan pasar ini diharapkan dapat meningkatkan tenaga kerja sehingga kesejahteraan masyarakat di daerah bisa meningkat," kata Riza yang juga Ketua LSM Peka Sumut.

Sejumlah 50 kios dan 80 losd yang dibangun di daerah tersebut, sudah sekitar 72 kios dan losd siap. Harga sewa yang diberikan kepawa warga tergolong murah, yakni, kios seharga Rp4,5 juta dan losd seharga Rp2,75 juta.

Sementara itu, Kepala Desa Medan Krio Suprayetni mengakui bersyukur atas diresmikannya pasar tradisional di daerahnya. Dengan adanya pasar tradisonal ini, diharapkan bisa lebih memajukan desa yang dipimpinnya.

"Kami mengharapkan kepada pihak pengelola jangan terlalu membebani para penjual untuk membayar uang sewa, kita setia membantu pasar ini semaksimal kami," kata Suprayetni.

Hal senada juga dilontarkan Kabid Umum Camat, Lukah selaku perwakilan Camat mengatakan, pembukaan pasar tradisional ini sangat positif. Karena selama ini banyak keluarga kita yang memiliki kerajinan tangan. "Di sini banyak keluarga kita yang memiliki kerajinan tangan, kan bisa dibawa kemari untuk dijual, apalagi pasar ini dibuka setiap hari," katanya.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat03/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment