Wednesday, 08 May 2013 12:16    PDF Print E-mail
Pabrik tepung ikan dibangun di Langkat
Warta
WASPADA ONLINE

LANGKAT – Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat Sumatera Utara akan membangun pabrik tepung ikan berkapasiatas 5 ton per hari di Kecamatan Brandan Barat.

“Kita akan bangun pabrik tepung ikan,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Langkat Ali Mukti Siregar di Stabat, hari ini.

Pembangunan pabrik tepung ikan ini dibiayai dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2013, katanya.

Pembangunan pabrik tepung ikan ini dimaksudkan untuk pengadaan pakan buat budidaya ikan yang dilakukan nelayan yang ada di pesisir pantai timur Langkat.

Selama ini, budidaya ikan yang dilakukan nelayan terhambat dikarenakan ketiadaan pakan, padahal salah satu peningkatan produksi harus ada pakan, ujarnya.

Ali Mukti menjelaskan bahwa bila selama ini budidaya ikan menghasilkan 7.000 ton, maka dengan adanya produksi pakan ini diharapkan budidaya ikan semakin meningkat.

Pihaknya memperkirakan memproduksi  sekitar 10.000 ton,untuk  produksi ikan dari budidaya dengan pakan yang berasal dari pabrik yang akan dibangun.

Pakan yang diproduksi dari pabrik  nantinya diperuntukkan buat budidaya ikan nila, emas, lele dan patin, katanya.

“Keberhasilan pembangunan pabrik pakan ikan ini tidak terlepas dari peran Bupati Langkat Ngogesa Sitepu yang begitu peduli terhadap budidaya ikan bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi nelayan,” katanya.

Sehingga instansinya didorong untuk berusaha dan memperjuangkan agar dana pusat dapat dimamfaatkan untuk mendirikan pabrik tepung ikan.

Pada bahagian lain disampaikannya bahwa selain pembangunan pabrik tepung ikan, Langkat juga akan menerima pembangunan pasar ikan hegienis (sehat dan bersih) yang akan dibangun di Tanjungpura.

Pasar ikan hegienes ini akan mampu menampung 50 orang pedagang ikan untuk jual beli ikan, katanya.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat16/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment