Monday, 06 May 2013 19:10    PDF Print E-mail
6 bacaleg DPRA tak cukup umur
Warta

WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Enam bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR Aceh dicoret dari pencalonan karena tidak cukup umur saat mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP).

"Ada enam bakal calon yang tidak mencukupi umur, sehingga kami coret dari pencalonan," kata Ketua Kelompok Kerja Pencalonan Anggota DPR Aceh pada KIP Aceh Yarwin Adi Darma di Banda Aceh, hari ini.

Berdasarkan aturan, kata dia, batas minimal umur saat pencalonan adalah 21 tahun atau kelahiran 22 April 1992. Karena tidak mencukupi umur, bakal calon tersebut langsung dicoret, hari ini.

"Kami akan menyurati partai politik yang mendaftarkan bakal calon yang tidak cukup umur itu, apakah diganti atau tidak. Suratnya akan kami kirim tanggal 7 dan 8 Mei ini," kata Yarwin.

Selain enam yang dicoret, kata dia, ada 42 bakal calon yang dinyatakan gagal, karena tidak lulus uji mampu membaca Al Quran. Dari 42 bakal calon tersebut, 39 berasal dari partai nasional dan tiga dicalonkan partai lokal.

Uji mampu membaca Al Quran merupakan salah satu syarat pencalonan, sehingga jika tidak terpenuhi, berarti tidak memenuhi syarat atau pencalonannya gagal.

"Jadi, total bakal calon yang dinyatakan gagal ada 48 orang, enam tidak cukup umur dan 42 tidak lulus tes mengaji. Nanti, tergantung partai, apakah menggantikan bakal calonnya atau tidak," ungkap Yarwin.

Selain itu, Yarwin menyebutkan berdasarkan hasil verifikasi administrasi banyak bakal calon yang persyaratannya tidak lengkap, di antaranya surat pernyataan tidak di atas meterai.

"Jumlah bakal caleg yang berkas persyaratannya tidak lengkap cukup banyak. Saya tidak ingat betul. Yang pasti semua partai ada bakal calonnya yang tidak lengkap," sebut dia.

Yarwin menyebutkan, KIP akan menyurati semua partai terkait ketidaklengkapan berkas persyaratan bakal calon yang didaftarkan.

Semua persyaratan yang tidak lengkap tersebut harus diperbaiki pada masa perbaikan, ujarnya.

"Masa perbaikan berlangsung 9 hingga 22 Mei 2013. Jika dalam masa perbaikan itu tidak juga dilengkapi, maka bakal calon yang bersangkutan gagal ditetapkan sebagai calon peserta Pemilu 2014," demikian Yarwin Adi Darma.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat03/antara)

 

 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment