Monday, 06 May 2013 12:06    PDF Print E-mail
Ayu diberi uang manggung oleh koruptor sapi
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Ahmad Fathanah, tersangka kasus dugaan korupsi pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan pencucian uang ternyata kerap memberikan uang kepada sejumlah pihak, termasuk nyawer ke sejumlah perempuan, termasuk artis Ayu Azhari.

Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo mengatakan, berdasarkan pengakuan Ahmad Fathanah, pemberian uang berkaitan dengan acara yang akan digelar PKS. Uang tersebut sebagai tanda jadi. "Uang itu sebagai panjar kalau dia nanti manggung. Ada acara yang menurut pengakuan Ahmad ke Ayu itu terkait PKS," kata Johan hari ini.

KPK menyatakan masih menelusuri apakah memang uang itu hanya untuk kepentingan partai seperti penyataan Ahmad Fathanah atau urusan lainnya. "Ya, ini akan terus ditelusuri," kata Johan.

Awal pembongkaran kasus impor daging sapi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya menangkap tangan para pelaku, namun mengamankan pula mahasiswi bernama Maharani. Saat itu, Maharani tengah bersama dengan Ahmad Fathanah di sebuah hotel.

Dari tangan Ahmad Fhatanah penyidik berhasil mengamankan tas besar yang berisi uang sekitar Rp1 miliar, sebagai dana suap dari PT Indoguna Utama untuk mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Uang tersebut tidak utuh karena Rp10 juta berada di kantong Ahmad Fathanah, dan 10 juta lagi di tas mahasiswi tersebut.

Pada perkara itu KPK menetetapkan tersangka kepada Ahmad Fathanah, Luthfi Hasan Ishaaq, serta dua Direktur PT Indoguna, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi. Belakangan, KPK juga menetapkan Ahmad dan Lutfhi sebagai tersangka pencucian uang, serta penetapan tersangka suap kepada Dirut PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman.

Seiring berjalannya pemeriksaan, tiba-tiba muncul nama mantan artis film panas Indonesia, Ayu Azhari sebagai saksi pada kasus pencucian Ahmad Fathanah.

Meski, awalnya Ayu ngotot menyatakan tidak ada dana yang didapat dari Ahmad, namun belakangan diketahui Ayu mengembalikan uang ke KPK sebesar Rp20 juta dan US$1.800. Uang itu diberikan Ahmad Fathanah secara rutin ke wanita pemilik nama asli Siti Khadijah Azhari itu.

Uang tersebut diterima Ayu dalam empat tahap. Pengacara Ayu, Fahmi Bachmid menjelaskan pemberian uang itu terdiri dari pemberian pertama sebesar US$800, tahap kedua sebesar US$1.000, dan tahap ketiga sebesar Rp10 juta. Pemberian uang dalam tiga tahap ini diberikan secara tunai oleh Fathanah.

Sedangkan pada pemberian terakhir sebesar Rp10 juta, Fathanah mengirimkannya melalui rekening anak Ayu Azhari. Pemberian uang kesemuanya dilakukan dengan range waktu 4-9 Desember 2012.

Dana tersebut diduga berasal dari hasil tindak pidana korupsi yang dilakukan Ahmad. KPK sebelumnya juga menyita lima mobil mewah milik Ahmad dan istrinya.
(dat20/inilah)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment