Saturday, 04 May 2013 12:10    PDF Print E-mail
Kemendikbud luncurkan program kelas maya
Warta
WASPADA ONLINE

DEPOK - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI meluncurkan program Kelas Maya. Tujuannya untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih terintegrasi baik dari sisi konten maupun proses interaksi.

“Jadi nanti formatnya seperti teleconference dengan guru. Sementara antar siswa saat berdiskusi disediakan format chatting. Murid bebas memilih guru yang diinginkan dari berbagai provinsi, selama kuota anak yang diajar oleh guru tersebut masih dapat tertampung,” kata Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemendikbud Ari Santoso di Depok, hari ini.

Depok merupakan kota pertama di Indonesia yang telah meluncurkan program Kelas Maya. Kemendikbud sangat mendukung peluncuran kelas maya di kota Depok. Karena edukasi atau kelas maya merupakan tuntutan kemajuan zaman di era teknologi.

“Kita menyiapkan semuanya, kita melihat kelas maya ini merupakan Depok cyber city bidang pendidikan, saya sudah bertemu dengan Kadisdik Kota Depok, ini sesuatu yang luar biasa, melihat kota Depok sudah potensial sekali dengan kelas maya,” tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila mengatakan, peluncuruan program Kelas Maya ini sejalan dengan salah satu program andalan di Kota Depok, yaitu Depok Cyber City.

Peluncuran kelas maya ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan angka partisipasi kasar di dunia pendidikan. “Kelas maya juga mampu meningkatkan kompetensi guru, jadi semua guru wajib dan paham melek IT,” ujar Herry.

Dengan adanya kelas maya, maka mata pelajaran computer akan ditiadakan. Guru-guru computer akan diberikan pelatihan untuk kelas maya. Dan kami menlatih 30 guru yang nantinya juga bisa menjadi trainner bagi daerah lain. “Karena Depok menjadi pilot project pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Pustekkom Kemendikbud,” tutupnya.
(dat06/sindonews)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment