Friday, 03 May 2013 19:14    PDF Print E-mail
Susno warga negara yang baik
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Penyerahan diri terpidana korupsi Komjen (Purn) Susno Duadji merupakan sikap seorang warga negara yang taat hukum. Demikian disampaikan anggota Komisi III dari Fraksi Golkar, Bambang Soesatryo, saat dihubungi, hari ini.

"Kami menyambut baik, dan memberikan apresiasi kepada Susno. Karena memang sudah seharusnya begitulah sikap warga negara yang baik, terlepas dari salah atau betulnya suatu keputusan pengadilan. Tapi, itulah keputusan negara," kata Bambang.

 

join_facebookjoin_twitter

Menurutnya, meskipun Susno Duadji tidak mengakui putusan pengadilan dalam korupsi PT Salmah Arowana Lestari dan dana pengamanan Pilgub Jabar tahun 2008, namun dengan penyerahan dirinya, diharapkan akan membuat kasus itu menjadi lebih terang.

"Kami juga menghargai sikap Susno. Kendati dia meyakini keputusan itu tidak benar dan tidak mengakuinya. Namun pada akhirnya dia mematuhinya," jelas Bambang yang juga Wakil Bendahara Umum Partai Golkar itu.

Komisi III DPR lainnya mengapresiasi langkah terpidana kasus korupsi mantan Kabareskrim Komjen Pol Purnawirawan Susno Duadji yang keluar dari persembunyiannya dan menyerahkan diri ke Lapas Cibinong, Bogor.

"Kita hargai keputusan pak Susno Duadji untuk mengakhiri drama berkepanjangan," kata anggota Komisi III DPR Eva Kusuma Sundari saat dihubungi di Jakarta, hari ini.

Menurutnya, melalui rekaman video yang dilansir Susno Duadji selama masa pelariannya, mantan Kabareskrim Polri itu telah mengungkapkan bahwa ada persoalan dalam kinerja lembaga penegak hukum di Polri, Mahkamah Agung, dan Kejaksaan Agung dalam melaksanakan asas integrated criminal justice system.

"Susno Duadji boleh dibui tapi kita semua perbaikan di semua lembaga pelaksana hukum. Sehingga, kasus Susno Duadji tidak terulang, terutama perbaikan dalam pembuatan putusan-putusan pengadilan dan MA," jelas politisi PDI Perjuangan itu.

Ditambahkan Eva, dalam proses penegak hukum harus mematuhi dan melaksanakan hukum acara secara konsisten.
(dat03/rmol)



WARTA KARTUN

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment