Sunday, 28 April 2013 17:06    PDF Print E-mail
Pilgub Bali, menteri Demokrat 'terjun'
Warta
WASPADA ONLINE

DENPASAR - Beberapa menteri di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II asal Partai Demokrat bakal ditejunkan dalam kampanye Pemilihan Gubernur Bali 15 Mei 2013, untuk memenangkan pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta (PastiKerta)

"Kami sudah daftarkan semua nama-nama jurkam baik dari tokoh-tokoh lokal Bali maupun tokoh nasional, ke KPU," jelas Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta, di Denpasar, hari ini.

Sebagai juru kampanye, lanjut dia, setidaknya empat menteri asal partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono, akan diterjunkan ke Bali. Mereka adalah Menkop UKM Syarif Hasan, Menpora Roy Suryo, Menhub EE Mangindaan dan Menteri ESDM Jero Wacik.

Demikian juga, menteri asal Partai Golkar seperti Menteri KKP Cicip Syarif Sutardja juga akan ambil bagian dalam kampanye Pastikerta.

Tidak hanya para menteri para tokoh petinggi partai juga sudah didaftarkan dan akan diturunkan sebagai jurkam untuk membakar semangat kader dan masyarakat guna memenangkan pasangan nomor urut 2.

Di antara para tokoh nasional, petinggi partai yang akan turun gunung dalam pilgub Bali adalah Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie, Partai Hanura Wiranto, Dewan Pembina Partai Gerindara Prabowo Subianto hingga petinggi partai berlambang bintang mercy lainnya.

Mengenai metode kampanye, Mudarta mengaku cenderung memakai model kampanye lewat penyampaian visi misi kandidat, tidak lewat pengerahan massa dalam jumlah besar. Alasannya, berisiko adanya gesekan antar-pendukung yang berpotensi mengganggu mobilitas masyarakat.

Namun, itu akan diputuskan nanti di internal partai. "Semua tergantung nanti, tetapi semangatnya agar pilkada di Bali tetap aman sehingga sejatinya sudah cukup kampanye visi misi saja," kata politisi muda asal Kabupaten Jembrana ini.

Disinggung kapan kandidat yang diusung Partai Demokrat dan delapan partai lainnya, akan mengambil jadwal cuti untuk kampanye mengingat keduanya sebagai pejabat publik, kata Mudarta akan dilihat nanti kesepakatan di internal tim kampanye. Diketahui, Pastika saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Bali sedangkan Sudikerta sebagai Wakil Bupati Badung.
(dat06/okz)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment