Saturday, 27 April 2013 18:22    PDF Print E-mail
Manfaat telur untuk kesehatan
Ragam
WASPADA ONLINE

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan.
Berikut beberapa manfaat telur bagi kesehatan :

1.    Menjaga bentuk BadanPenelitian Ruxton menunjukkan bahwa telur memainkan peran penting dalam menjaga kebugaran dan bentuk badan. Telur berukuran sedang memiliki kurang dari 80 kalori sehingga akan menjadi alternatif menu sarapan yang baik jika Anda termasuk yang mempedulikan ukuran kalori. Bahkan, pada 1979, Margaret Thatcher dilaporkan mengalami penurunan berat badan berkat diet singkat dengan mengonsumsi 28 telur per minggu.

2. Kaya ProteinSebutir telur memiliki 8 gram protein, nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan membentuk otot yang kuat. Wanita membutuhkan 45 gram protein sehari dan Pria membutuhkan 55 gram atau sekitar 2-3 butir.

3.    Memberi rasa kenyangMakan telur saat sarapan membantu Anda menurunkan berat badan secara signifikan dengan memotong asupan kalori harian. Makanan kaya protein membuat telur lebih lama dicerna di perut. Bagi penyuka telur, ada alasan tambahan mengapa makanan ini layak dijadikan menu membuka hari. Penelitian membuktikan, menu sarapan telur dapat mengurangi berat badan hingga 65% dan menurunkan angka indeks masa tubuh hingga 61%.

4.    Mengencerkan otakDua telur dengan kandungan 550 miligram kolin setiap hari selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin dan menghasilkan ingatan tajam pada anak. Kolin juga penting untuk memori. Sumber kolin lain termasuk kacang kedelai, ayam dan salmon.

5.    Mengandung asam lemak - omega 3Lemak ini sangat penting untuk pengembangan mata dan pendengaran pada anak-anak dan fungsi otak sepanjang hidup. Asam esensial juga membantu menjaga sirkulasi dan menurunkan risiko penyakit jantung. Telur dengan omega 3 juga memiliki lebih sedikit lemak jenuh.

6.    Mencegah Kanker PayudaraSebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah buniversitas di eropa  mengungkapkan bahwa mengkonsumsi telur dalam jumlah cukup bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.
(dat18/areadewasa) 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment