Saturday, 27 April 2013 10:33    PDF Print E-mail
Sertifikasi & penataran berburu banyak manfaat
Sports
WASPADA ONLINE    

MEDAN - Sebanyak 89 atlet berburu mengikuti Sertifikasi dan Penataran Uji Kemahiran Menembak Berburu Angkatan IV yang digelar Perbakin Sumut di Hotel Santika  Medan, 26-28 April 2013. Nantinya, atlet mendalami berbagai materi penataran di antaranya pemahaman teknik dan pengamanan senjata berburu.

Selain lebih mengenal dan memahami senjata serta teknik berburu, peserta yang berasal dari Sumut, Aceh serta Riau ini juga diberi pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan sumber daya alam, terutama di lokasi berburu.

Sebelum membuka resmi, Kapoldasu Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro menyambut baik digelarnya kegiatan sertifikasi dan penataran tersebut. Karena, dengan begitu, atlet buru Sumut dapat menambah ilmu tentang berburu yang baik dan benar serta memahami etikanya.

Di hadapan atlet, Kapoldasu mengatakan hal yang terpenting dalam berburu bukanlah hasil yang didapat, melainkan manfaat berburu itu sendiri terhadap masyarakat serta kepedulian menjaga alam sekitar.

Ditegaskan, olahraga berburu menunjukkan kepedulian besar terhadap masyarakat karena bertujuan memberantas hama babi hutan yang merusak lahan pertanian. Kapoldasu juga menegaskan, penataran dan sertifikasi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Apa yang dipelajari harus bermanfaat di lapangan. Pengamanan senjata harus benar-benar dipahami. Peburu harus disiplin dalam menggunakan senjata api agar tidak membahayakan orang lain dan diri sendiri,” tegasnya.

Ketua Harian Pengprov Perbakin Sumut, Musa Idishah (akrab disapa Doddy) mengungkapkan penataran dan sertifikasi berburu ini juga untuk memahami peraturan serta undang-undang senjata api dan amunisi hingga teknik dan pengoperasian senjata api itu sendiri.

“Saya harap atlet dan peserta mengikuti penataran dengan sungguh-sungguh, karena sebagai bekal dalam bertanding nantinya,” ujar Doddy menambahkan Perbakin Sumut terus melakukan program pembinaan 5+1, di mana setiap lima atlet senior membina bibit atlet.

Editor: AUSTIN ANTARIKSA
(dat16/wol/waspada)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment