Friday, 26 April 2013 22:33    PDF Print E-mail
China tak menyerah sengketa Laut China Selatan
Warta
WASPADA ONLINE

BEIJING - China mengecam langkah Filipina mencari keputusan hukum internasional terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan, dengan menekankan bahwa Beijing tidak akan pernah menyerah.

Manila tengah mencari ketetapan hukum dari PBB dalam penyelesaian masalah terkait keabsahan klaim China atas kawasan kaya sumberdaya alam tersebut, dengan keputusan yang mungkin merugikan China, untuk menguji kemauannya dalam menyelesaikan konflik wilayah tersebut.
    
Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataannya, Jumat, di laman resminya mengatakan Filipina berupaya "menutup dengan jubah 'legalitas' pendudukan ilegal atas kepulauan dan terumbu karang milik China".
    
China meminta Filipina untuk menarik mundur semua personel dan fasilitasnya dari kepulauan yang diklaimnya telah diduduki oleh Manila.
"Posisi yang digariskan oleh China tidak akan berubah," imbuhnya.
    
Pernyataan tersebut muncul sehari setelah pemimpin 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mendesak dilakukannya pembicaraan dengan China untuk mencari resolusi atas konflik wilayah yang memicu peningkatan ketegangan.
    
Anggota ASEAN yaitu Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunei juga mengklaim bagian laut tersebut, begitu juga halnya dengan Taiwan.

Perang klaim ini membuat kawasan tersebut sebagai salah satu kawasan sensitif Asia selama beberapa dekade.

Filipina menuding China telah menduduki sebuah lokasi dangkalan dekat pulau utama tahun lalu, dan mengajak negara ASEAN lain dalam penyelesaian sengketa tersebut.

Namun China secara konsisten menolak negosiasi multilateral dan menegaskan bahwa negosiasi hanya terjadi melalui pembicaraan langsung dua negara bersengketa.

China dan beberapa negara lain yang turut mengklaim kawasan di Laut China Selatan tersebut telah meningkatkan belanja untuk Angkatan Laut mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara beberapa negara lain termasuk Filipina mendekatkan hubungan diplomatik dan militer dengan Amerika Serikat.
(dat06/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment