Friday, 26 April 2013 11:16    PDF Print E-mail
Pekan depan, BPK periksa pejabat Kemendikbud
Ekonomi & Bisnis
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil mengatakan BPK akan membentuk tim pemeriksa penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tingkat pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun 2013 yang diduga bermasalah.

"Tim pemeriksa BPK RI telah menjadwalkan untuk meminta keterangan pejabat terkait pada minggu depan," katanya.

Rizal mengatakan salah satu tema pemeriksaan adalah masalah keterlambatan penyelenggaraan UN pada tingkat SMP dan SMA di berbagai daerah serta kontrak penggandaan dan distribusi soal UN.

"Penggandaan dan distribusi soal UN tingkat SMP dan SMA yang dipusatkan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaannya terlambat di beberapa provinsi," katanya.

Rizal mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan BPK berdasarkan kondisi di masyarakat yang menuntut penjelasan atas kekisruhan tersebut serta besarnya anggaran untuk menyelenggarakan UN tingkat SMP dan SMA yaitu Rp120,59 miliar.

"Pemeriksaan ini tidak menunggu berakhirnya tahun anggaran dan kami akan fokus pada persoalan dari hulu ke hilir termasuk masalah distribusi soal," katanya.

Namun, menurut dia, tim pemeriksa tidak akan mengaudit penyelenggaraan UN tingkat SD yang memiliki anggaran senilai Rp85,57 miliar karena pelaksanaan penggandaan dan distribusi soal tidak terhambat, serta telah dilakukan di masing-masing provinsi.
(dat16/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment