Wednesday, 24 April 2013 19:06    PDF Print E-mail
Mantan Kakan Pajak Kabanjahe dipenjara setahun
Warta
IRWAN SIREGAR
WASPADA ONLINE


MEDAN - Majelis hakim pengadilan menjatuhkan vonis kepada Mantan Kepala Kantor (Kakan) Pajak Kabanjahe, Mohammad Nthai divonis 1 tahun karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi terhadap pembangunan gedung kantor dan perumahaan dinas tahun 2008 dan merugikan negara hingga Rp884 juta, hari ini.

Majelis hakim yang diketuai Jonner Manik menyatakan Mohammad Nthai telah melanggar Pasal 3 Undang-undang Tipikor. Majelis hakim juga menghukum agar terdakwa membayar denda Rp50 juta subsider 1 bulan penjara.

Putusan majelis hakim lebih rendah dibandingkan tuntutan jaksa. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dedy meminta hakim menjatuhi terdakwa dengan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara.

Apalagi majelis hakim tidak memerintahkan Mohammad Nthai untuk membayar uang pengganti kerugian negara karena terdakwa tidak menikmati uang hasil korupsi.

Baik terdakwa maupun majelis hakim diberikan waktu untuk menentukan sikap atas vonis itu selama apakah menerima putusan atau mengajukan banding.

Dalam dakwaan disebutkan, Mohammad Nthai didakwa melakukan tindak pindana korupsi atas pembangunan gedung kantor dan perumahaan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabanjahe pada 2008. Dia dan rekananĀ  diduga melakukan tindak pidana korupsi dari proyek itu sehingga negara dirugikan sebesar Rp884.3 juta.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat06/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment