Wednesday, 24 April 2013 12:18    PDF Print E-mail
Pemilu 2014 jangan pilih caleg bermasalah
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Kinerja anggota DPR periode 2009-2014 diwarnai dengan banyaknya masalah. Ini jadi catatan penting bagi pemilih pada Pemilu 2014 nanti.

Bagi Direktur Eksekutif Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraeni, ada baiknya masyarakat untuk tidak lagi memilih anggota dewan yang bermasalah saat dipercaya menjabat.

"Hukuman paling ditakuti itu ditinggalkan pemilih. Ini saatnya menghukum legislator yang kinerjanya yang tidak baik," kata dia kemarin.

Anggota DPR yang tidak layak dipilih lagi, kata dia adalah, yang sering bolos saat rapat paripurna, lebih banyak mengerjakan pekerjaan di luar dibandingkan mengurus aspirasi rakyat di parlemen, atau yang bermasalah dengan aparat penegak hukum.

"Itu parameternya sederhana. Pemilih jangan memilih caleg yang bermasalah secara hukum dan sosial," ungkapnya.

Kata dia, kinerja anggota DPR periode 2014 nanti memang belum bisa dibayangkan. Tapi, selama partai politik tidak menawarkan sosok caleg yang lebih berkualitas, maka bukan tak mungkin DPR akan kembali dihuni anggota DPR yang bermasalah.

"Tidak semua incumbent itu buruk, tidak semua pendatang baru juga buruk. Hanya saja pemilih harus cerdas, kalau tidak, kita tidak bisa berbuat banyak," pungkasnya.
(dat18/okezone) 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment