Tuesday, 23 April 2013 15:10    PDF Print E-mail
Dinas Koperasi alokasikan dana hibah Rp98 M
Warta
HENDRO KOTO
WASPADA ONLINE


BANDA ACEH - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh tahun anggaran 2013 mengalokasikan dana hibah sebesar Rp98 miliar.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Ruslan Abdul Gani kepada Waspada Online menjelaskan, dana hibah tersebut nantinya diperuntukkan bagi 1.827 Kelompok Usaha Menengah Kecil dan Mikro (KUMKM) di 21 kabupaten kota di Aceh. "Dari 23 kabupaten kota, hanya kabupaten Subulussam, dan Aceh Singkil yang tidak mendapatkan dana hibah tahun ini," ujarnya.

Dijelaskan, dari 1.827 KUMKM tersebut, terdiri atas 115 koperasi, 584 UKM, dam 1.128 kelompok usaha masyarakat. "Tentunya kita berharap peruntukan dana ini dapat dimaksimalkan bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat," tukasnya.

Karenanya, lanjut Ruslan, kegiatan Rapat kordinasi (rakor) teknis identifikasi penerima bantuan hibah yang dilaksanakan pihaknya dari kemarin (22/4) hingga hari ini dimaksudkan untuk memperjelas nama koperasi, UKM dan kelompok sasaran dari penerima dana bantuan hibah ini. "Rakor yang berlangsung dua hari ini untuk memperjelas penerima bantuan dan mekanisme pengusulannya," tuturnya.

Selain itu juga, tambahnya, dalam rakor juga akan dibahas mengenai proses administrasi bantuan, prosedur pencairan dan sistem pelaporan. "Kita juga menghadirkan Inspektorat dan Biro Hukum untuk menjelaskan konsekuensi hukum jika nantinya dana bantuan hibah tersebut bermasalah," paparnya.

Dengan demikian, pungkasnya, kejelasan prosedur pencairan dan pelaporan dana hibah tahun ini, diharapkan alokasi ini dapat mendorong sektor KUMKM dapat tumbuh positif. "Tentunya dana ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai persoalan kemiskinan, dan tentunya juga dapat membuka akses lapangan kerja," tandasnya.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat06/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment