Friday, 05 April 2013 23:08    PDF Print E-mail
Kuala Namu perlu jalan layang KA
Warta

WASPADA ONLINE

MEDAN – Pemerintah perlu mempersiapkan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Medan ke Bandar Udara Internasional Kuala Namu untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di Kota Medan.

“Kami sangat mendukung adanya jalan layang untuk rel kereta api itu,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumut Sudirman Halawa di Medan, hari ini.

join_facebookjoin_twitter

Belakangan ini saja, kata Sudirman, arus lalu lintas di Kota Medan cukup memprihatinkan, terutama ketika kereta api melintas. Demikian juga potensi kecelakaan lalu lintas berupa tabrakan kereta api dengan kendaraan milik masyarakat yang menimbulkan korban jiwa.

Jika keberadaan “city check in” dioperasionalkan terkait mulai berfungsinya Bandara Kuala Namu, diyakini arus lalu lintas akan semakin macet karena banyaknya gerbong kereta api yang akan melintas.

Apalagi jumlah penumpang dan pengunjung Bandara Kuala Namu akan semakin banyak dan diperkirakan melebihi penumpang di Bandara Polonia yang mencapai sekitar 8.000 orang per hari. “Kalau setengahnya saja menggunakan kereta api menuju Bandara Kuala Namu, bayangkan berapa banyak kereta api yang akan melintas,” katanya.

Politisi Partai Golkar itu mengharapkan PT KAI mulai mempertimbangkan pembangunan jalan layang untuk kereta api dari Medan menuju Bandara Kuala Namu.

Untuk merealisasikan hal itu, PT KAI dinilai perlu menjalin kerja sama dengan Pemprov Sumut, Pemkot Medan, dan Pemkab Deli Serdang, terutama dalam pembebasan lahan.
(dat03/antara)

 

 

WARTA KARTUN  

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment