Tuesday, 19 March 2013 21:11    PDF Print E-mail
Audit kinerja PLN Sumut
Warta

WASPADA ONLINE

MEDAN – Manajemen Perusahaan Listrik Negara di Sumatera Utara harus mendapatkan audit secara menyeluruh karena tidak mampu memberikan pelayanan maksimal meski telah menghabiskan anggaran yang sangat besar.

“Audit secara menyeluruh, baik kinerja mau pun anggaran,” kata Ketua Komisi D DPRD Sumut Guntur Manurung di Medan, hari ini, terkait adanya pemadaman listrik dalam jangku cukup lama.

join_facebookjoin_twitter

Menurut Guntur, audit tersebut sangat diperlukan karena kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Sumut mengecewakan, bahkan terkesan bobrok. Bahkan, pihaknya menilai manajemen PLN Sumut tidak mampu menepati janjinya karena masih terjadinya pemadaman listrik di sejumlah daerah.

Padahal, dalam beberapa pertemuan dengan Komisi D DPRD Sumut, pihak PLN berani menjamin tidak akan adanya pemadaman listrik bergilir lagi.

Pihaknya banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat akibat kebijakan pemadaman listrik yang terjadi di berbagai daerah tersebut. “Jangankan masyarakat, kita saja mengeluh,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Pihaknya juga menyesalkan karena manajemen PLN Sumut tidak dapat memberikan penjelasan resmi mengenai penyebab adanya pemadaman tersebut. “Rencananya, mereka mau memberikan informasi. Namun sampai saat ini, belum ada informasi itu,” kata Guntur.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut Ajib Shah mengharapkan direksi PLN untuk memeriksa kinerja manajemen PLN di Sumut. “Kalau perlu, Menteri BUMN Dahlan Iskan yang juga mantan Dirut PLN pun harus ikut turun,” katanya.

Menurut Ajib, pemadaman listrik yang dilakukan PLN tersebut dapat menghambat perkembangan dunia usaha di Sumut yang sangat membutuhkan energi listrik.

Namun sayangnya, manajemen PLN di Sumut tidak mampu memberikan penjelasan yang resmi dan dapat diterima mengenai penyebab pemadaman listrik tersebut.

Karena itu, direksi PLN dan Menteri BUMN Dahlan Iskan perlu melakukan pemeriksaan terhadap kinerja manajemen PLN di Sumut. “Jangan sampai kelemahan PLN ini menghambat perkembangan dunia usaha di Sumut,” katanya.
(dat03/antara)



WARTA KARTUN

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment