Tuesday, 12 March 2013 18:22    PDF Print E-mail
Tips terhindar dari flu dan batuk
Ragam
WASPADA ONLINE

Penyakit batuk dan pilek umumnya tersebar melalui bakteri atau virus di udara lewat batuk dan bersin yang dikeluarkan penderita. Ada sekitar 200 macam virus flu yang bisa menyerang kita. Orang dewasa bisa menderita sakit flu sekitar dua hingga lima kali per tahun, sementara anak-anak mengalami sakit flu lima hingga sepuluh kali setiap tahunnya.
 
Miliaran Dollar Amerika Serikat dihabiskan untuk mencegah dan mengobati penyakit ini. Agar kita terhindar dari flu dan batuk berikut sejumlah tips seperti berikut :
 
1. Mencuci tangan dengan baik
Kebanyakan virus flu dan demam disebarkan karena kontak langsung. Anda bisa mencegah penularan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat atau dengan cairan antiseptik. Hindari menggosok tangan ke mata atau hidung jika Anda belum mencuci tangan. Sebab bisa saja tangan mengandung kuman penyebab flu dan batuk yang bisa masuk ke tubuh.
 
2. Banyak minum
Tubuh manusia menggunakan cairan untuk menyaring kotoran yang terakumulasi di dalamnya. Semakin baik kemampuan tubuh memfilter kotoran, semakin baik pula kesehatan kita. Jika Anda sedang flu atau batuk minumlah jus jeruk. Minuman tersebut diprcaya kaya vitamin C yang akan memperkuat sistem imun.
 
3. Stop merokok
Merokok ataupun menjadi perokok pasif mengiritasi tenggorokan Anda sekaligus memperburuk kondisi tubuh. Data statistik menunjukkan kalau perokok berat lebih sering terserang flu dan biasanya lebih parah dari yang bukan perokok.
 
4. Sediakan tisu atau saputangan
Saat berada Anda berada di tempat umum, selalu sediakan tisu untuk mencegah penularan. Jagalah jarak dari mereka yang sudah menderita flu atau sudah menunjukkan gejalanya. Flu atau batuk amat menular di tiga hari pertama saat menyerang penderitanya.
 
5. Lakukan sauna
Ketika Anda sauna, Anda akan menghirup udara lebih panas dari 80 derajat dimana suhu ini terlalu panas bagi virus flu dan demam untuk bertahan hidup.
 
6. Konsumsi makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas akan membantu mengeluarkan lendir sekaligus melonggarkan tenggorokan.
 
7. Banyak istirahat
Kebanyakan penyakit di zaman modern seperti sekarang disebabkan karena stres. Karena tekanan ini, kita kehilangan kemampuan untuk mengusir flu dan demam. Amat mudah untuk menjaga kesehatan dengan mendapatkan cukup istirahat dan tidur nyenyak selama sekitar delapan jam.
 
8. Konsumsi makanan bervitamin
Cobalah mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam serta buah seperti jeruk dan anggur. Makanan tersebut memberi pasokan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi. Tak cuma itu, makanan sehat juga meningkatkan sistem imun atau daya tahan (kekebalan) tubuh.
 
Bawang putih mentah juga dapat menghilangkan dahak. Kunyit juga baik untuk menyembuhkan batuk kering. Secangkir jus anggur dengan satu sendok makan madu juga bisa meredakan batuk.
 
9. Hindari gula dan junk food
Dengan mengonsumsi junk food, Anda justru membuat tubuh menjadi lemah dan gampang terserang penyakit. Cobalah mengonsumsi buah-buahan serta sayuran segar sehingga sistem imun kita kuat dan siap melawan penyakit.
 
10. Tidur nyenyak
Tidur nyenyak membantu memperbaiki fungsi sistem imun tubuh. Saat Anda tidur, otak juga beristirahat, sementara tubuh kita menggunakan waktu tidur itu untuk menghimpun kekuatan melawan aneka infeksi yang menyerang.
 
11. Aromatherapy

Prinsip aromatherapy adalah kita menghirup aneka macam aroma. Penggunaan uap yang kita hirup dari aromatherapy itu amat efektif mengencerkan lendir dan mengurangi iritasi.
 
12. Olahraga
Berolahraga teratur diyakini mampu meningkatkan sistem imun. Olahraga tingkat sedang seperti berjalan-jalan selama 30 menit akan membantu Anda memperoleh udara segar bagi tubuh. Risiko terserang flu, demam, atau batuk dapat berkurang hingga 50 persen.
(dat06/okz)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment