Thursday, 07 March 2013 20:38    PDF Print E-mail
Aksi Densus 88 suburkan terorisme
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Aparat keamanan dinilai salah apabila memberantas aksi terorisme dengan melakukan cara-cara teror. Hal ini terkait terungkapnya video rekaman kekerasan terhadap terduga teroris oleh Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri.

"Jangan memberantas terorisme dengan cara-cara bernuansa teror," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin usai menghadiri silaturrahim ormas-lembaga islam di kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya Jakarta, hari ini.

join_facebookjoin_twitter

Menurut Din, cara-cara kekerasan yang diterapkan ketika menangkap para terduga teroris justru akan menumbuhsuburkan terorisme itu sendiri. Selain itu juga dapat menimbulkan dendam oleh mereka yang dituduh atau menjadi korban kekerasan aparat.

Dia menambahkan, seharusnya aparat keamanan maupun pihak terkait lebih menekankan pada pendekatan yang lebih manusiawi dalam mengungkap aksi terorisme. "Pendekatan yang dilakukan dengan pelanggaran hak asasi manusia justru berpotensi melanggengkan terorisme itu sendiri," jelas Din.

Mabes Polri harus menjelaskan kepada publik bahwa tindakan Tim Datasemen Khusus 88 dalam memberantas tindak pidana terorisme bukan untuk mendeskriditkan umat Islam.

Demikian ditegaskan Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution menanggapi pernyataan Ketua DPR Marzuki Ali yang menyebut metodologi kerja Densus 88 dalam memberantas terorisme kerap mendeskritkan Islam.

Apalagi, kata Manager, Kadiv Humas Irjen Suhardi Alius mengakui Densus 88 menerima bantuan asing. "Untuk kedaulatan dan kehormatan  bangsa, negara harus mengevaluasi untuk menghentikan bantuan asing kepada Densus 88," ungkap Manager kepada wartawan, hari ini.

Tak hanya itu, lanjut Manager, jika terbukti benar video aksi kekerasan yang tayang di YouTube dilakukan oknum Densus 88, itu merupakan pelanggaran HAM. Karena itu, oknum Densus 88 tersebut harus dihukum. "Sebaiknya juga eksistensi Densus 88 dievaluasi," tandasnya.
(dat03/rmol)



WARTA KARTUN  

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment