Tuesday, 05 March 2013 16:05    PDF Print E-mail
Korban malpraktek RS Sufina Aziz ngadu ke DPRD
Warta
SASTROY BANGUN
WASPADA ONLINE


MEDAN - Dua ibu-ibu diduga korban malpraktek di Rumah Sakit (RS) Sufina Aziz, Jalan Karya Medan mengadu ke DPRD Medan. Didampingi LSM Pekan (Pemantau Kinerja Aparatur Negara), kedua ibu rumah tangga masing-masing bernama Mariana (30) dan Sri Rahayu (33) memaparkan, akibat malpraktek tersebut kini mereka tidak bisa berjalan (lumpuh).

Mariana kepada anggota DPRD Medan, Bahrumsyah dan Ahmad Arif menyebutkan, 23 Desember tahun lalu, dia ke rumah sakit tersebut karena sudah saatnya melahirkan. Keesokan harinya, sekitar pukul 12.00 WIB, wanita yang sehari-hari mengajar di SD Muhammadiyah 02 itu, dibawa ke ruang periksa dan diinfus lalu sekitar pukul 15.00 WIB, dr Lui melakukan pembiusan. Setelah beberapa lama dr Lui mencubit dan memukul kaki korban namun dirinya masih merasa sakit, merasa bius belum bekerja kemudian dr Lui melakukan pembiusan untuk yang kedua kalinya.

Setelah pembiusan berhasil, Mariana kemudian melahirkan melalui operasi cesar yang dilakukan dr Chawaja. Usai operasi anak keduanya itu Mariana merasa tubuhnya panas dingin dan muntah-muntah, tidak itu saja, wanita ini menjadi sulit berdiri dan terpaksa merangkak serta merasa sakit jika akan bung air kecil.

Sedangkan, korban kedua Sri Rahayu mengisahkan, dirinya mengalami hal yang sama tiga tahun lalu di RS Sufina Aziz dan pembiusan juga dilakukan dokter yang sama yakni dr Lui. Dijelaskannya, dr Lui sampai beberapa kali melakukan pembiusan baru berhasil. Usai operasi cesar, Sri Rahayu merasa sakit yang luar biasa di sekitar pinggangnya, tubuhnya lemas dan terasa kaku. Sejak kejadian tersebut hingga kini Sri harus duduk di kursi roda.

Mendengar keluhan kedua ibu korban malpraktek itu, Bahrumsyah anggota Komisi B yang membidangi kesehatan mengatakan akan segera memanggil pihak RS Sufina Aziz dan pihak terkait lainnya.

"Kita akan panggil pihak RS Sufina Aziz dan Dinas Kesehatan Medan untuk menindaklanjuti pengaduan ibu-ibu, agar permasalahan yang dialami segera bisa teratasi," ujarnya. Usai mendengarkan penjelasan anggota dewan itu, kedua korban bersama keluarga pulang dengan tertib.

Editor: HARLES SILITONGA
(dat18/wol) 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment