Saturday, 02 March 2013 22:06    PDF Print E-mail
Penetapan dapil di Aceh harus tepat
Warta
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - DPR Aceh mengharapkan penetapan daerah pemilihan (dapil) calon legislatif pada Pemilu 2014 harus tepat, sehingga tidak melahirkan masalah di kemudian hari.

"Persoalan dapil ini merupakan masalah krusial. Jadi penetapannya jangan sampai melahirkan masalah atau ada komplain dari partai politik peserta pemilu" kata Abdullah Saleh, anggota Komisi A DPR Aceh, di Banda Aceh, hari ini.

Sebelum menetapkan dapil, kata dia, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh harus mampu mencari formulasi yang tepat dalam menentukan dan menetapkan daerah pemilihan calon anggota DPR Aceh.

Sebelumnya, kata dia, KIP Provinsi Aceh sudah mengusulkan 10 daerah pemilihan calon anggota DPR Aceh. Jumlah daerah pemilihan ini meningkat dibanding pada Pemilu 2009 yang hanya delapan.

Dalam menawarkan usulan tersebut, kata dia, komisi penyelenggara pemilu itu diharapkan melibatkan dan mengakomodir aspirasi partai politik peserta pemilu maupun pihak terkait lainnya.

"Dengan melibatkan peserta pemilu membahas dan merumuskan daerah pemilihan bisa menjadi langkah mengantisipasi terjadinya masalah di kemudian hari," katanya.

Selain itu, sebut dia, penyelenggara pemilihan umum juga harus memedomani indikator-indikator penetapan daerah pemilihan yang diatur perundang-undangan.

Namun begitu, sebut dia, semua tergantung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat. Sebab, KPU Pusat yang menetapkan daerah pemilihan calon anggota DPR Aceh. Sedangkan KIP Provinsi Aceh hanyalah pihak pengusul.

"Kami berharap daerah pemilihan calon anggota DPR Aceh nantinya bisa diterima semua pihak dan tidak menuai masalah nantinya," kata Abdullah Saleh.

Sebelumnya, KIP Provinsi Aceh mengusulkan 10 daerah pemilihan calon anggota DPRA, yakni dapil satu Banda Aceh, Aceh Besar, dan Sabang 10 kursi. Dapil dua Pidie dan Pidie Jaya sembilan kursi.

Dapil tiga Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Simeulue delapan kursi, dapil empat Bireuen dengan enam kursi, dapil lima Aceh Tengah dan Bener Meriah lima kursi, dapil enam Lhokseumawe dan Aceh Utara 12 kursi.

Serta dapil tujuh Aceh Timur enam kursi, dapil delapan Langsa dan Aceh Tamiang tujuh kursi, dapil sembilan Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, dan Aceh Singkil sembilan kursi, serta dapil 10 meliputi Aceh Tenggara dan Gayo Lues dengan empat kursi.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat16/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment