Wednesday, 27 February 2013 18:22    PDF Print E-mail
Tips mengurangi nyeri sakit gigi
Ragam
WASPADA ONLINE

Pecinta makanan manis? Suka menghabiskan malam dengan minum kopi susu? Hati-hati, kesehatan gigi Anda terancam, Ladies. Gigi merupakan bagian dari mulut yang bertugas untuk merobek dan mengunyah makanan. Gigi juga memiliki struktur pelindung gigi yang membantu mencegah lubang pada gigi, yang disebut email gigi. Beberapa makanan seperti cokelat, kopi susu dan berbagai jenis makanan lainnya, bisa mengeroposkan email gigi. Ini akan membuat gigi kita berlubang.

Banyak macam cara dapat dilakukan untuk mencegah gigi berlubang, diantaranya mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak email gigi hingga melindungi email gigi dengan produk-produk dan perawatan gigi. Namun, ada juga cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati nyeri ketika gigi berlubang menyerang yang akan dibagi untuk Anda.

1. Es Batu
Cara pertama menghilangkan nyeri saat gigi berlubang bisa Ladies lakukan dengan menggunakan es batu. Tapi, bukan untuk dikonsumsi. Es batu disini digunakan untuk meredam nyeri pada syaraf-syaraf gigi. Caranya? Ambil sebongkah kecil es batu dan letakkan diantara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan selama 15-20 menit. Perlahan, rasa sakit akan mulai menghilang.

Pijatan lembut yang Anda lakukan dengan es batu tersebut akan menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekita ibu jari dan telunjuk. Hal ini dapat menghilangkan rasa sekit atau nyeri yang terjadi pada gigi Anda karena efek dari pijatan tersebut akan langsung menuju ke pusat syaraf dan menjalar ke sel-sel syaraf gigi Anda yang sedang nyeri. Cara ini jelas lebih aman ketimbang Anda mengkonsumsi pain killer atau obat pereda nyeri.

2. Bawang Putih
Ini adalah cara tradisional dan alami yang sudah dilakukan sejak nenek moyang kita terdahulu. Hanya dengan satu siung bawang putih, nyeri yang Anda rasakan bisa berangsur pulih. Bagaimanakah caranya? Cincang halus bawang putih dan beri sedikit garam. Kemudian, kunyah bawang putih tersebut di area gigi Anda yang berlubang. Kunyah hingga rasa nyeri yang Anda rasakan berangsur menghilang. Kemudian berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur dengan garam.

cara ini memang ampuh untuk menghilangkan nyeri. Ini karena pada bawang putih terdapat kandungan enzim yang mampu membunuh bakteri dan kuman pada gigi Anda. Cara ini, selain alami dan mudah, juga bisa memperkuat struktur tulang gigi Anda. Jadi, selain nyeri menghilang, gigi Anda juga bertambah kuat bukan?

3. Jeruk Nipis
Siapa sangka si asam yang biasa dipakai untuk penyeimbang rasa pada makanan ini bisa dipakai juga untuk meringankan nyeri pada sakit gigi? Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis juga berkhasiat sebagai pereda nyeri. Langkah yang harus dilakukan juga cukup mudah, cukup peras jeruk nipis secukupnya. Kemudian, tuangkan pada area gigi yang berlubang sedikit demi sedikit setiap 10 menit. Lakukan secara terus menerus hingga rasa nyeri berkurang.

4. Cabai Hijau
Cabai Hijau? Ya, mungkin terdengar mengerikan. Tapi si kecil pedas berwarna hijau ini memang mampu menghilangkan nyeri lho... Selain mengandung zat capsaicin, cabai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga Anda juga harus mengkonsumsinya.

Potong ujung cabai hijau kemudian bakar, jangan terlalu lama. 1-2 menit hanya untuk membuat cabai hijau tersebut panas. Kemudian, setelah panas, tempelkan cabai hijau tersebut ke bagian gigi yang sakit. Lakukan secara teratur 2 kali dalam sehari.

5. Biji Alpukat
Jika Anda pecinta buah alpukat, manfaatkan biji buah alpukat sebagai alternatif untuk menghilangkan nyeri pada gigi berlubang. Cukup keringkan biji alpukat dengan cara disangrai. Kemudian, tumbuk biji tersebut hingga menjadi bubuk. Taburkan bubuk biji alpukat tersebut pada gigi yang berlubang, tutup dengan kapas dan gigit untuk beberapa waktu. Tunggu hingga nyeri berkurang.

Nah, itu tadi 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan nyeri saat sakit gigi karena berlubang menyerang. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh!
(dat18/vemale) 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment