Monday, 25 February 2013 15:12    PDF Print E-mail
2014, gaji PNS direncanakan naik
Ekonomi & Bisnis
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mendiskusikan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun depan. Pasalnya, kenaikan gaji PNS tidak sebesar tahun sebelumnya.

"Masih didiskusikan, mungkin tidak akan setinggi tahun sebelumnya, bisa setinggi tahun ini atau lebih rendah," jelas Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Herry Poernomo, hari ini.

Herry mengatakan, kenaikan gaji diperkirakan berada pada kisaran tujuh persen. Meski mengalami penurunan, dia memastikan tetap ada kenaikan gaji PNS tahun depan. Menurut dia, rencana kenaikan gaji PNS telah masuk dalam nota keuangan.

"Kalau dulu kan kenaikan gaji pensiun dan gaji PNS aktif tidak disamakan, pensiun lebih rendah dari yang aktif. Kenaikan gajinya itu baru wacana ya belum diputuskan nanti kepastiannya di nota keuangan," tukas dia.

Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo mengungkapkan, pemerintah dalam APBN-P 2012 telah menganggarkan biaya pensiun pegawai mencapai Rp212 triliun. Anggaran ini kembali meningkat pada APBN 2013 menjadi Rp241 triliun.

"Di dalam belanja pegawai itu, itu komponen kontribusi sosial untuk 2012 Rp69 triliun dan 2013 Rp77 triliun. Dari Rp77 triliun itu, Rp74 triliun untuk pensiun dan Rp3 triliun untuk Askes, jadi terlihat itu komponen pensiun itu besar," kata dia.
(dat06/inilah)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment