Thursday, 31 January 2013 15:49    PDF Print E-mail
Kemen ESDM gandeng BIN, Polri amankan proyek
Ekonomi & Bisnis
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merangkul Badan Inteligen Negara (BIN), Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) serta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) untuk mengamankan proyek-proyek ESDM yang akan dimaksimalkan di tahun ini.

"Kami di kementerian ESDM tidak mungkin mengamankan proyek-proyek itu sendiri. Karena itu kami meminta kepolisian, BPKP dan BIN untuk mengamankan proyek ESDM di tahun ini," kata Menteri ESDM Jero Wacik, hari ini.

Menurut Wacik, proyek-proyek ESDM sangat strategis. Di tahun ini saja ia memperkirakan penerimaan di sektor tersebut nilainya bisa mencapai Rp400 triliun dari sejumlah proyek migas, kelistrikan, sampai minerba.

"Betapa riskannya kalau proyek-proyek tersebut terganggu," tutur dia.

Lebih jauh Jero mengatakan, proyek-proyek tersebut harus diamankan. Menurut Wacik, tidak boleh ada pipa gas maupun minyak yang sembarangan dibor, atau bahkan dicuri ditengah jalan oleh orang tidak bertanggung jawab.

"Kalau seperti itu yang dirugikan tidak hanya negara melainkan juga masyarakat sekitar. Kalau terjadi hal-hal seperti percikan api akibat asal bor itu menggangu stabilitas keamanan daerah," ujar Jero.
(dat06/inilah)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment